6 Tips Ampuh Merawat Headset Kabel Agar Tidak Cepat Rusak

Selasa, 23 Mei 2023 - 19:35 WIB
loading...
6 Tips Ampuh Merawat Headset Kabel Agar Tidak Cepat Rusak
Tips merawat headset kabel agar tidak cepat rusak penting dipahami. Foto: dok Rockpapershotgun
A A A
JAKARTA - Headset berkabel bagi sebagian orang masih jadi cara terbaik untuk menikmati musik, podcast, dan konten audio lainnya. Meski demikian, headset kabel ternyata juga bisa rapuh dan rentan terhadap kerusakan jika tidak dirawat dengan baik seiring berjalannya waktu.

Karena itu, penting diketahui cara mewarat dan menggunakan headset berkabel dengan baik. Berikut beberapa tips efektif untuk merawat headset berkabel agar tidak cepat rusak:

1. Jaga Kebersihan Headset Kabel

Kotoran dan serpihan dapat menumpuk di headset kamu dan akan memengaruhi kualitas suara. Kamu bisa usap setelah digunakan dengan handuk atau kain lembab. Gunakan tusuk gigi yang dicelupkan ke dalam air untuk menghilangkan lilin atau kotoran di dalamnya.

2. Simpan dengan Benar

Penyimpanan headset kabel secara benar sangat diperlukan demi menghindari dari kerusakan dan kotoran. Kamu bisa menggunakan wadah penyimpanan tersendiri khusus headset saat tidak digunakan.

Kamu juga bisa menggulung kabel dari headset setelah digunakan ke dalam wadah penyimpanan. Hindari melilitkan headset atau menekuk di sekitar perangkat kamu. Cara melilit headset kabel sebelum digunakan bisa dengan dililitkan ke sekitar jari untuk membentuk gulungan yang aman.

3. Ganti Bantalan Headset Sesekali
6 Tips Ampuh Merawat Headset Kabel Agar Tidak Cepat Rusak

Bantalan headset dapat berubah bentuk seiring waktu dan kehilangan kemampuannya untuk memblokir suara sekitar. Ketika itu terjadi, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

4. Hindari kelembaban

Kelembaban dapat merusak komponen pada headset dan mempengaruhi kualitas suara. Hindari memaparkan headset kamu ke cairan atau lingkungan dengan kelembaban tinggi.

5. Sesuaikan Volume

Mendengarkan musik dengan volume tinggi dapat merusak telinga dan headset kamu. Kamu bisa mengatur volume dibawah seratus persen untuk melindungi keduanya.


6. Investasi ke Headset yang Tahan Lama

Headset yang tahan lama atau awet biasanya memiliki harga yang terbilang mahal. Meskipun begitu, kamu bisa sekaligus berinvestasi pada headset yang tahan lama dan lebih menghemat uang.

Kamu bisa menggunakan dalam jangka panjang dengan mengurangi kebutuhan akan pengeluaran untuk membeliheadsetsama.

MG/Ayu Yunita Rahmawati
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)