alexa snippet

Piala FA 2015/2016

Alan Pardew dan Final Piala FA di Tahun 1990

Alan Pardew dan Final Piala FA di Tahun 1990
Final Piala FA yang mempertemukan Manchester United vs Crystal Palace di Stadion Wembley, Sabtu (21/5/2016) bakal menjadi panggung tersendiri bagi Alan Pardew / Ilustrasi
A+ A-
LONDON - Final Piala FA yang mempertemukan Manchester United vs Crystal Palace di Stadion Wembley, Sabtu (21/5/2016) bakal menjadi panggung tersendiri bagi Alan Pardew. Manajer Palace itu pernah mengadapi United di final serupa, pada 1990.

Momen tersebut menjadi kesempatan terakhir Pardew sebagai pemain, berhadapan dengan Manchester United di laga final Piala FA. Namun 26 tahun berlalu setelahnya, Pardew kembali menghadapi United, bersama Palace, namun sebagai seorang pelatih.

Kenangan di final Piala FA 1990 bukan kenangan manis. Palace kalah setelah sempat bermain imbang dengan skor 3-3. Di laga final ulangan, Pardew CS menyerah dengan skor tipis 0-1.

Partai final (pertama) yang mempertemukan Palace vs United, tepatnya 12 Mei 1990, berakhir imbang dengan skor 3-3. Gol MU dicetak Bryan Robson dan Mark Hughes (2 gol) sementara gol Palace dicetak Gary O'Reilly dan Ian Wright (dua gol).

Pada saat itu format pertandingan di Piala FA tidak mengenal babak adu penalti. Regulasi mewajibkan pertandingan digelar ulang jika kedua tim bermain imbang. Namun pada rematch yang digelar 17 May 1990, MU memenangkan pertandingan berkat gol tunggal Lee Martin.



Pardew yang pada saat itu menghuni lini tengah Palace, nampak begitu kecewa dengan hasil final tersebut. Dia bersumpah untuk menuntaskan dendam 26 tahun lalu, melalui kemenangan di partai final Piala FA 2016.

Tahun ini, Pardew sebagai pelatih, menyimpan misi tersendiri dalam menatap laga final Piala FA. Menurutnya, kemenagan akan membuat kiprah pelatih Inggris akan kembali terangkat di kompetisi domestik.

"Memenangi Piala FA tak hanya baik buat saya dan klub ini, tetapi juga untuk pelatih-pelatih Inggris. Manajer dan pelatih Inggris mendapatkan citra buruk di media. Saat ini, saya punya kesempatan untuk mencoba dan memenangkan gelar juara," kata Pardew.
halaman ke-1 dari 2
views: 5.397
loading gif
Top