Mark Clattenburg Jalani Ritual Sebelum Pimpin Laga Final

Sabtu, 28 Mei 2016 - 11:05 WIB
Mark Clattenburg Jalani Ritual Sebelum Pimpin Laga Final
Mark Clattenburg Jalani Ritual Sebelum Pimpin Laga Final
A A A
MILAN - Ada banyak cara yang dilakukan Mark Clattenburg sebelum memimpin laga final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid versus Atletico Madrid di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (29/5/2016) dini hari WIB. Meminta wejangan dari Bjorn Kuipers dan menyaksikan pertandingan kedua klub di kompetisi domestik. Ritual itulah yang dilakukannya sebelum menjadi pengadil di lapangan hijau.

Clattenburg bercerita bahwa dirinya sudah mempunyai firasat bakal memimpin laga final Liga Champions musim ini. Dan apa yang dirasakannya benar-benar terjadi ketika menerima telepon dari Kepala Wasit UEFA, Pierluigi Collina, saat dirinya sedang berada St George Park.

Sontak, mengetahui kepercayaannya tersebut perasaan Clattenburg campur aduk. Sebab ini hanya berselang satu pekan setelah ia memimpin laga final Piala FA. Untuk mengumpulkan data, hal pertama yang dia lakukan adalah meminta wejangan dari Kuipers.

Maklum, dia adalah salah satu wasit yang pernah memimpin laga final Liga Champions pada 2014 lalu. "Saya telah menyaksikan dua sampai tiga pertandingan final Liga Champions sebelumnya. Saya juga berbicara dengan Bjorn Kuipers tentang semua hal yang terjadi di partai pemungkas, ini dilakukan untuk mempersiapkan sebaik mungkin. Selain itu, saya juga sudah menyaksikan pertandingan kedua klub di liga tahun ini. Apalagi salah satu klub sudah banyak mengalami perubahan terutama pada posisi pelatih, sehingga ini diharapkan bisa memberikan informasi sebanyak mungkin untuk berbagi dengan tim saya," ungkap Clattenburg seperti dikutip dari situs resmi UEFA, Sabtu (28/5/2016).

Sekadar informasi, Clattenburg telah memimpin enam pertandingan Liga Champions musim ini. Termasuk dua yang melibatkan Atletico dan satu untuk Los Blancos.

Clattenburg saat itu menjadi juru pengadil di lapangan hijau kala El Real menang atas Paris Saint Germain (PSG) pada November lalu. Sedang wasit asal Inggris tersebut juga mempunyai pengalaman sewaktu memimpin laga Atletico kontra PSV di perempat final dan leg pertama semifinal melawan Bayer Muenchen.

Pada laga final ini, Clattenburg akan dibantu oleh dua asisten pelatih yakni Simon Beck dan Jake Collin. Sementara Anthony Taylor dan Andre Marriner bakal menjadi asisten tambahan.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3901 seconds (0.1#10.140)