5 Cara Sembuhkan Kelenjar Tiroid Menggunakan Bahan Alami

Kamis, 01 Juni 2023 - 19:33 WIB
loading...
5 Cara Sembuhkan Kelenjar Tiroid Menggunakan Bahan Alami
Kelenjar tiroid dapat disembuhkan dengan beberapa bahan alami. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kelenjar tiroid dapat disembuhkan dengan beberapa bahan alami. Kelenjar tiroid sendiri merupakan kelenjar kecil yang berada di bagian pangkal leher, tepatnya di bawah jakun.

Setiap orang memiliki kelenjar tiroid yang berfungsi untuk memproduksi hormon tiroksin, triiodothyronine, dan kalsitonin. Ketiga hormon ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh dan proses metabolisme.



Pada beberapa kasus, seseorang mengalami masalah pembengkakan di area kelenjar tiroid. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, mulai infeksi virus, penyakit autoimun, kekurangan vitamin C dan K, ataupun penyakit lain.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menyembuhkan kelenjar tiroid yang sedang bengkak, salah satunya dengan menggunakan bahan alami. Berikut caranya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/6/2023).

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bagus dikonsumsi untuk membantu mengecilkan dan menyembuhkan tiroid. Sebenarnya semua jenis kacang-kacangan bisa sembuhkan tiroid, namun yang paling bagus adalah kacang almond.

Di dalam kacang almond mengandung selenium yang bisa membantu menyeimbangkan kadar tiroksin pada orang yang menderita tiroiditis hashimoto. Tak hanya itu, kacang almond juga kaya akan magnesium untuk menjaga keseimbangan kelenjar tiroid.

2. Kuaci Labu

Di dalam kuaci labu mengandung banyak tirosin yang bagus untuk kelenjar tiroid. Tirosin sendiri merupakan asam amino yang dapat mencegah dan menyembuhkan hipotiroidisme saat kelenjar tiroid mengalami pembengkakan.


3. Minyak Kelapa

Selain itu Anda juga menggunakan minyak kelapa untuk mengecilkan tiroid. Pasalnya, di dalam minyak kelapa mengandung lemak baik yang bagus untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsi 1-2 sendok makan setiap hari. Namun perlu diingat, Anda tidak perlu memanaskan minyak kelapa karena bisa merusak kandungan di dalamnya.

4. Jahe

Jahe salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tak heran bila jahe banyak digunakan untuk bahan masakan dan juga obat-obatan alami. Di dalam jahe mengandung mineral seperti magnesium dan potasium yang membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan masalah utama pada tiroid.

Cara menggunakannya Anda bisa memarut atau menggeprek jahe lalu merebusnya ke dalam air selama 20 menit. Kemudian konsumsi air jahe setiap hari.

5. Cuka Sari Apel

Dan yang terakhir Anda bisa memanfaatkan cuka sari apel untuk membantu menyembuhkan kelenjar tiroid. Di dalam cuka apel terkandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, mengatur hormon, hingga membersihkan racun di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat, kemudian konsumsi setiap hari sebelum melakukan aktivitas.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)