Iduladha 2023, Baznas Bazis DKI Bagikan Hewan Kurban hingga Pulau Sebira

Selasa, 13 Juni 2023 - 21:01 WIB
loading...
Iduladha 2023, Baznas Bazis DKI Bagikan Hewan Kurban hingga Pulau Sebira
Baznas Bazis DKI Jakarta menyambut Iduladha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi dengan tema Jakarta Berkurban. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Baznas Bazis DKI Jakarta yang merupakan lembaga nonstruktural Pemprov DKI Jakarta menyambut Iduladha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi dengan tema Jakarta Berkurban. Baznas Bazis DKI akan melakukan pengumpulan dan pembagian hewan kurban.

Pada Iduladha tahun ini bakal didistribusikan daging kurban hingga ke Pulau Sebira di Kepulauan Seribu.

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta Akhmad H Abubakar mengatakan, Hari Raya Iduladha menjadi momentum membantu mengatasi permasalahan stunting di Jakarta melalui pemenuhan makanan bergizi dan sehat.

Baca juga: Iduladha, Mudah Berkurban via Digital

"Baznas Bazis ikut memberikan perhatian bagi mustahik di Pulau Sebira yang menjadi pulau terluar Jakarta. Untuk pendistribusian agar tepat sasaran, kami juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial DKI Jakarta," ujarnya, Selasa (13/6/2023).

Tahun ini pihaknya akan menyinergikan pelaksanaan kurban dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov DKI.

"Kami terus memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak agar bisa memberikan impact kemanfaatan dan keberkahan yang makin luas. Per jiwa mustahik kami berikan 1 kg daging segar, sedangkan untuk daging olahan atau dalam kemasan sebanyak tiga kaleng," katanya.

Baznas Bazis DKI juga sudah mempersiapkan kemudahan dan kenyamanan bagi mudhohi (orang yang melaksanakan kurban). "Kami menyediakan juga layanan kurban secara online yang bisa diakses melalui telepon genggam atau perangkat komputer, layanan perbankan, E-Commerce, serta gerai retail," ujar Akhmad.

Untuk target Jakarta Berkurban, Baznas Bazis DKI tahun ini mencapai 1.500 hewan kurban baik sapi maupun kambing. "Targetnya mencapai nilai total Rp19 miliar. Meningkat signifikan dari perolehan tahun lalu dengan nilai Rp8,1 miliar yang direalisasikan dengan 250 sapi dan 90 kambing kurban," sebutnya.

Wakil Ketua IV Baznas Bazis DKI Jakarta Nasir Tajang menambahkan tahun ini ditetapkan harga jual ternak Kurban Berkah Baznas yakni 1 ekor kambing (30 kaleng netto 185 gram) Rp3,4 juta.

Kemudian, satu ekor sapi (250 kaleng netto 185 gram) sebesar Rp22 juta, serta 1/7 sapi (35 kaleng netto 185 gram) Rp3.200.000.

"Dalam pendistribusian dan penyaluran hewan kurban, Baznas Bazis berpedoman pada prinsip 3A yang meliputi Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI," tuturnya.

Ketua Panitia Kurban Baznas Bazis DKI Achmad Irsan menuturkan semangat warga Jakarta melaksanakan ibadah kurban cukup tinggi.

"Dari tahun ke tahun masyarakat muslim Jakarta menggaungkan ibadah kurban, di setiap masjid selalu melaksanakan pemotongan hewan kurban. Tahun ini kita harapkan bertambah banyak warga yang berkurban melalui Baznas Bazis," ujarnya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)