Pekan Olahraga Tradisional 2023 Bangkitkan UMKM dan Destinasi Wisata Kuningan

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:37 WIB
loading...
Pekan Olahraga Tradisional 2023 Bangkitkan UMKM dan Destinasi Wisata Kuningan
Menpora Dito Ariotedjo menyambangi UMKM saat gelaran Pekan Olahraga Tradisional 2023 di Kuningan, Jawa Barat. Foto: Kemenpora
A A A
KUNINGAN - Perhelatan Pekan Olahraga Tradisional Nasional ( POTRADNAS ) IX Tahun 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang digelar Kemenpora RI menjadi magnet tersendiri terhadap kebangkitan perekonomian daerah yang dijuluki sebagai Kota Kuda tersebut.

Betapa tidak, hotel terdekat dari lokasi penyelenggaraan yang berlangsung di Open Space Gallery Linggarjati itu pun dipadati para peserta dari seluruh Indonesia yang rata-rata para kawula muda berusia 15-22 tahun, sehingga melalui ajang olahraga tradisional yang dibuka oleh Menpora Dito Ariotedjo ini sekaligus sebagai sports tourism dan sports industri.



Usai perhelatan, para peserta pun diproyeksikan untuk mengunjungi destinasi wisata di Kuningan, seperti Gedung Perundingan Linggajati yang sangat bersejarah, kemudian destinasi wisata Pondok Pinus Palutungan, Telaga Biru Cicerem dan lainnya.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggeliat di tengah-tengah perhelatan POTRADNAS IX tahun 2023 ini. Puluhan gerai UMKM berjejer dipadati pembeli di sepanjang Open Space Gallery Linggarjati. Mulai dari makanan ringan olahan lokal, kopi, hingga produk baju olahraga buatan dalam negeri dan lainnya.

Pasca membuka acara POTRADNAS IX tahun 2023, Manpora Dito pun menyambangi gerai UMKM tersebut membeli beberapa dagangan sebagai buah tangan kembali ke Ibu Kota. Sontak, para pengunjung yang menyaksikan ajang tersebut pun juga berbelanja, sehingga geliat perekonomian pun tumbuh.

"Senang banget dengan adanya event POTRADNAS ini. Alhamdulillah, Terima kasih banyak Pak Menpora yang sudah menunjuk Kabupaten Kuningan menjadi tuan rumah, sehingga roda perekonomian khususnya dari sektor UMKM berputar," ucap Ibu Ian, salah satu pelaku UMKM binaan Binangkit yang membina 60 orang.

"Semoga acara-acara olahraga seperti ini dapat terus berlangsung di Kuningan, karena sangat menguntungkan kita, selain itu produk asli Kuningan bisa diketahui oleh masyarakat luas," tambahnya.

Senada dengan Ibu Nida. Pedagang yang mengaku asal Cirebon itu sengaja berjualan di tengah-tengah perhelatan POTRADNAS IX di Kuningan ini. Dirinya sangat bersyukur dagangannya laku, terlebih di antara pembelinya adalah Menpora Dito.

"Alhamdulillah, dagangan saya laku, apalagi dibeli sama Pak Menpora. Saya sangat terharu, Pak Menpora tidak melupakan UMKM. Semoga ajang POTRADNAS ini sukses dan Pak Menpora juga sukses. Amin," ucap Ibu Nida yang berjualan bersama putranya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)