Puan Tegaskan DPR Siap Jalankan Putusan MK Pemilu Tetap Proporsional Terbuka

Kamis, 15 Juni 2023 - 14:35 WIB
loading...
Puan Tegaskan DPR Siap Jalankan Putusan MK Pemilu Tetap Proporsional Terbuka
Ketua DPR Puan Maharani menyatakan, bahwa DPR siap melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sistem Pemilu 2024 tetap proporsional terbuka. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan, DPR siap melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sistem Pemilu. Dalam putusan tersebut, MK menolak gugatan perkara dan menyatakan Pemilu 2024 tetap sistem proporsional terbuka.

"Kami di DPR sepenuhnya menghormati dan siap menjalankan amanah putusan dari Mahkamah Konstitusi. DPR taat pada konstitusi Negara," kata Puan Maharani dalam keterangannya, Kamis (15/6/2023).

Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDIP itu, mendorong agar semua pihak untuk taat pada konstitusi dengan menerima putusan dari MK.

"Dalam semangat kebersamaan, semua pihak berupaya membangun demokrasi berkualitas yang mewujudkan keadilan, keterwakilan yang baik, dan kebebasan berpendapat," ujarnya.



Menurut dia, hal tersebut diperlukan demi mendorong kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024. Ia juga menekankan agar KPU dan Bawaslu bekerja sama dengan Pemerintah, DPR, serta aparat keamanan untuk untuk memastikan kelancaran proses demokrasi tersebut.

"Saya juga mengajak masyarakat untuk mengikuti pelaksanaan Pemilu dengan gembira dan damai sehingga pesta demokrasi tahun depan akan berjalan dengan aman dan lancar," tuturnya.

Putri Megawati Soekarnoputri ini berpandangan, Pemilu adalah tonggak penting dalam menjaga keseimbangan kekuasaan dan memberikan suara kepada rakyat untuk menentukan masa depan mereka.

Oleh sebab itu, Puan berharap Pemilu 2024 akan menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersatu dalam semangat demokrasi.



"Mari saling menghormati perbedaan pendapat dan berdialog dengan baik. Kita rayakan Pemilu 2024 dengan semangat untuk memajukan Indonesia tercinta," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)