Nasihat Demokrat ke Pemerintah Soal Poros Maritim Dunia

Selasa, 30 Agustus 2016 - 15:49 WIB
Nasihat Demokrat ke Pemerintah Soal Poros Maritim Dunia
Nasihat Demokrat ke Pemerintah Soal Poros Maritim Dunia
A A A
JAKARTA - Beberapa partai politik (parpol) pendukung pemerintah membantah konsep Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan Indonesia menjadi poros maritim dunia hanya retorika.

Parpol pendukung Jokowi-Jusuf Kalla mengklaim pemerintah sudah menunjukkan keseriusannya dalam upaya mewujudkan konsep poros maritim dunia itu.

Menanggapi argumentasi parpol pendukung pemerintah, Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat‎ Syarifuddin Hasan berharap pemerintah sungguh-sungguh merealisasikan konsep Indonesia sebagai poros maritim dunia tersebut.

‎"Mudah-mudahan itu‎ terwujud, kita juga menginginkan itu, bukan sekadar retorika, tapi betul-betul dilakukan, memang pembangunan poros maritim itu penting," ujar Syarief Hasan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2016). (Baca juga: PDIP

Menurut dia, sebenarnya pembangunan Indonesia berjalan secara berkelanjutan. "Apa yang diresmikan Jokowi tahun kemarin, itu kan sebenarnya bagian daripada yang sudah dilakukan Pak SBY, ya kan," tutur anggota Komisi I DPR ini.

Oleh karena itu, kata dia, jika pembangunan bisa lebih ditingkatkan maka akan lebih bagus. "Karena pembangunan itu tidak bisa stop satu pihak, setelah itu bikin baru lagi, enggak, harus berkelanjutan, nah itulah yang diharapkan oleh Pak SBY," kata mantan Menteri Kooperasi dan Usaha Kecil Menengah ini.

Di samping pembangunan infrastruktur, menurut dia, hal yang mendasar lain adalah angka kemiskinan bisa diatasi dan angka pengangguran tidak meningkat. (Baca juga: PDIP Tak Terima Jokowi Dikritik SBY)

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengkritik konsep poros maritim dunia yang digagas Jokowi. Kritik itu disampaikan SBY dalam orasi ilmiahnya di acara wisuda Sarjana Universitas Al Azhar Indonesia di Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Kehutanan, Jakarta, Sabtu, 27 Agustus 2016.

SBY menilai gagasan Jokowi yang sering digembar-gemborkan itu dalam perkembangannya sebatas retorika. (Baca juga: SBY Bilang Gagasan Jokowi Terkait Poros Maritim Hanya Retorika)
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1080 seconds (0.1#10.140)