Preview Italia vs Prancis: Di Bawah Bayang-Bayang Conte

Kamis, 01 September 2016 - 07:01 WIB
Preview Italia vs Prancis: Di Bawah Bayang-Bayang Conte
Preview Italia vs Prancis: Di Bawah Bayang-Bayang Conte
A A A
BARI - Giampiero Ventura dihadapi tantangan sulit pada tugas pertamanya sebagai pelatih anyar Italia. Suksesor Antonio Conte itu meladeni finalis Piala Eropa 2016 Prancis di Stadio Comunale San Nicola, Bari, Kamis (1/9/2016) atau Jumat (2/9/2016) dini hari WIB.

Ventura tak hanya menghadapi tekanan dari lawan. Juga tuntutan publik sepak bola Italia yang berharap timnas mereka kembali berjaya. Mantan pelatih Napoli itu dibawah bayang-bayang Conte yang membawa Italia ke perempat final Piala Eropa 2016.

Conte mengangkat profil Italia secara signifikan selama kampanye Piala Eropa 2016. Ventura paham, prestasi itu akan sulit diikuti. Apalagi Ventura bertugas membawa Gli Azzurri menghadapi Piala Dunia 2018 di Rusia. Prestasi Italia di dua edisi terakhir Piala Dunia sangat memilukan, mereka dua kali terlempar di fase grup, setelah menjadi juara di Piala Dunia 2006.

"Saya ingin proyek Antonio (Conte) lebih maju," kata Ventura. "Sangat menantang untuk mengambil jubah kebesaran Conte," tambah Ventura, yang kemungkinan akan mempertahankan warisan Conte dengan formasi 3-5-2.

Setelah laga persahabatan kontra Prancis, Italia menjalani kualfikasi Piala Dunia 2018 melawan Israel di Haifa, Senin (5/9/2016). Italia terjebak di Grup G bersama dengan Spanyol, Albania, Makedonia, Israel, dan Lichtenstein.

Melawan Prancis, Ventura memanggil sejumlah nama baru, termasuk penyerang Torino Andrea Belotti yang mencetak hat-trick saat mengalahkan Bologna 5-1, Minggu (28/8/2016). "Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, Prancis mencapai final Piala Eropa 2016 dan kalah lewat laga yang sangat agresif," kata Belotti.

Bellotti yang mengidolakan Andriy Shevchenko dan Sergio Aguero berharap bisa melakoni debut. Namun, dia harus bersaing dengan striker Inter Milan Eder yang kemungkinan bermitra dengan Graziano Pelle. Gelandang berpengaruh Paris Saint-Germain Marco Verratti juga akan ambil bagian untuk Italia setelah absen di Piala Eropa akibat cedera.

Sementara striker Prancis Antoine Griezmann berharap rekan-rekanya segera melupakan hasil di Piala Eropa 2016 jelang kualifikasi Piala Dunia 2018. Prancis kalah 0-1 dari Portugal pada babak waktu tambahan di final Piala Eropa 2016. Di kualifikasi Piala Dunia 2018, Pasukan Didier Deschamps berada di Grup A bersama Belanda, Swedia, Bulgaria, Luksemburg, dan Belarusia.

"Kami harus melupakan Piala Eropa. Itu indah, itu di Prancis, tapi kami harus terus melangkah. Kami harus berpikir tentang Piala Dunia, yang merupakan tujuan kami," kata Griezmann yang mendapat penghargaan pencetak gol terbanyak dengan enam gol, dan pemain terbaik Piala Eropa 2016.

Skuat Italia

Kiper: Gianluigi Buffon (Juventus), Gianluigi Donnarumma (AC Milan), Federico Marchetti (Lazio).
Belakang: Luca Antonelli (AC Milan), Davide Astori (Fiorentina), Andrea Barzagli (Juventus), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Mattia De Sciglio (AC Milan), Angelo Ogbonna (West Ham), Alessio Romagnoli (AC Milan), Daniele Rugani (Juventus).
Tengah: Federico Bernardeschi (Fiorentina), Giacomo Bonaventura (AC Milan), Antonio Candreva (Inter Milan), Daniele De Rossi (Roma), Alessandro Florenzi (Roma), Riccardo Montolivo (AC Milan), Marco Parolo (Lazio), Marco Verratti (Paris Saint-Germain).
Depan: Andrea Belotti (Torino), Eder (Inter Milan), Manolo Gabbiadini (Napoli), Ciro Immobile (Lazio), Leonardo Pavoletti (Genoa), Graziano Pelle (Shandong Luneng).

Skuat Prancis:

Kiper: Alphonse Areola (Paris Saint-Germain), Benoit Costil (Rennes), Steve Mandanda (Crystal Palace)
Belakang: Sebastien Corchia (Lille), Lucas Digne (Barcelona), Laurent Koscielny (Arsenal), Layvin Kurzawa (Paris Saint-Germain), Adil Rami (Sevilla), Djibril Sidibe (Monaco), Samuel Umtiti (Barcelona), Raphael Varane (Real Madrid).
Tengah: Yohan Cabaye (Crystal Palace), N'Golo Kante (Chelsea), Blaise Matuidi (Paris Saint-Germain), Dimitri Payet (West Ham), Paul Pogba (Manchester United), Moussa Sissoko (Newcastle).
Depan: Nabil Fekir (Lyon), Andre-Pierre Gignac (Tigres), Olivier Giroud (Arsenal), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Alexandre Lacazette (Lyon), Anthony Martial (Manchester United).

Enam Pertemuan Terakhir
14-11-2012 Persahabatan Italia vs Prancis 1-2
17-06-2008 Piala Eropa Prancis vs Italia 0-2
08-09-2007 Piala Eropa Italia vs Prancis 0-0
06-09-2006 Piala Eropa Prancia vs Italia 3-1
09-07-2006 Piala Dunia Italia vs France 1-1 (pen: 5-3)
02-07-2000 Piala Eropa Prancis vs Italia 2-1
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6611 seconds (0.1#10.140)