Setelah Tersingkir, Indonesia Diminta Menang di Sisa Laga Piala AFF U-19

Jum'at, 16 September 2016 - 19:57 WIB
Setelah Tersingkir, Indonesia Diminta Menang di Sisa Laga Piala AFF U-19
Setelah Tersingkir, Indonesia Diminta Menang di Sisa Laga Piala AFF U-19
A A A
HANOI - Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2016 setelah dikalahkan Timnas Australia U-19 di matchday ketiga Grup B. Pelatih Eduard Tjong pun meminta timnya bisa merebut kemenangan di dua partai tersisa saat melawan Laos dan Kamboja.

Indonesia menyerah 1-3 dari Australia U-19 di Stadion Yeovil Town F.C, Jumat (16/9/2016). Dalam pertandingan yang disiarkan langsung RCTI pukul 16.00 WIB tadi, Garuda Jaya sempat bermain imbang di babak pertama, sebelum akhirnya dipaksa menyerah hingga laga bubar.

Hasil tersebut menempatkan Indonesia tertahan di posisi bawah klasemen Grup B dengan poin nol. Peluang Indonesia merebut tiket semifinal pun tertutup sebab dua pertandingan sisa tidak akan membantu Dimas Drajad dkk mengejar poin Australia dan Thailand yang belum terkalahkan sejauh ini.

Setelah pertandingan, pelatih Eduard Tjong mengaku tidak kecewa dengan penampilan anak asuhnya. Dengan menurunkan hampir sebagian besar pemain cadangan, pria yang akrab disapa Coach Edu justru menyayangkan masalah yang mendera skuatnya di babak kedua.

"Saya tidak terlalu kecewa dengan permainan anak-anak. Rotasi tadi kami lakukan hampir 60 persen. Kualitas pemain kami sebenarnya tidak ada bedanya, makanya saya berani melakukan rotasi. Untuk pertandingan selanjutnya, kiper M Riyandi akan kami ganti, apalagi dia sudah banyak kebobolan," ucap Edu dalam rilis yang diterima SINDOnews.

"Di babak pertama, strategi sempat berjalan berjalan di mana kami menunggu dari tengah hingga ke bawah (lapangan permainan). Di babak kedua, kami ada masalah dengan keluarnya Bagas Adi Nugroho ditambah Nevy Alexsander karena cedera engkel," imbuhnya.

Kendati tersingkir, Indonesia masih punya dua pertandingan tersisa di fase Grup B. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Laos di tempat yang sama, Minggu (18/9/2016), disusul melawan Kamboja dua hari berselang, Selasa (20/9/2016).

Dalam laga nanti, Edu meminta timnya bisa menang. Untuk meraihnya, ia memastikan akan mengubah formasi jadi 4-4-2. "Lawan Laos kami akan main normal, formasi akan berubah jadi 4-4-2. Dua laga tersisa harus kami menangkan, tidak ada alasan sudah gagal lolos dan capek, lalu main seadanya," tutupnya.

Ada pun pemain Timnas Indonesia U-19 meminta maaf atas kekalahan dari Australia. Asnawi Mangkualam Bahar berjanji, Indonesia bakal merebut kemenangan di laga melawan Laos dan Kamboja.

"Selamat buat Australia yang bisa menang. Di babak pertama, kami sukses imbangi permainan, namun di babak kedua permainan kami menurun yang akhirnya dimanfaatkan lawan. Kami minta maaf atas hasil ini. Kami segera intropeksi dan fight lawan laos demi meraih kemenangan," ujar gelandang Timnas tersebut. (Baca Juga: Kalah dari Australia, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal)
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7470 seconds (0.1#10.140)