Valencia Cari Pelatih ke-10 dalam 4 Tahun Terakhir, Siapa yang Berani?

Valencia Cari Pelatih ke-10 dalam 4 Tahun Terakhir, Siapa yang Berani?
Sejumlah pelatih Valencia dalam 4 tahun terakhir (marca.es)
A+ A-
VALENCIA - Ketika Unai Emery meninggalkan pos pelatih Valencia sebelum musim 2012/13 dimulai, sejumlah orang memprediksi bahwa kubu Los Murcielagos lama-kelamaan bakal terjerembab ke papan bawah.

Dan itu akhirnya terjadi pada awal musim 2016/17. Empat kekalahan beruntun yang diderita Valencia di Liga Spanyol, mengantar vonis pemecatan pada entrenador mereka, Pako Ayesteran.

Ironisnya, pemecatan Ayesteran hanya dua hari jelang kedatangan mantan pemain dan pelatih Valencia, Mauricio Pellegrino, yang bakal tiba ke Estadio Mestalla bersama anak asuhnya, Deportivo Alaves pada Jumat (23/9) dini hari WIB.

Sebagai pengganti Emery, Pellegrino cuma bisa bertahan enam bulan guna memberikan jalan buat Ernesto Valverde, yang walau memberi kestabilan lebih baik ketimbang pendahulunya, tapi gagal mengantar Los Che lolos ke Liga Champions.

Miroslav Dukic, salah satu sweeper terbaik yang pernah dimiliki Valencia era 1997-2003. Kali ini ditugasi membenahi pekerjaan Valverde. Tapi dia tak lebih baik dari dua pelatih sebelumnya dan hanya bisa bertahan selama enam bulan.

Juan Antonio Pizzi, yang pernah memperkuat lini depan tim Kelelawar Mestalla pada 1993/94 dan FC Barcelona 1996-98, jadi pelatih Valencia berikutnya, walau selama bertugas juga gagal mengangkat performa tim utama.

Selepas kepergian Pizzi, Nuno Espirito Santo tiba dan menjadi pelatih Valencia pertama sejak kepergian Emery yang mampu memimpin satu musim penuh. Mantan portero FC Porto itu mengembalikan Los Che ke Liga Champions dan meneken perpanjangan kontrak pada 2015 usai memenangkan 32 laga 63 pertandingan awal.


Selanjutnya...
dibaca 7.438x
Halaman 1 dari 3
Top