Infografis

Sabtu Ini, Iniesta Lewati Rekor Puyol di Podium Legenda Barcelona

Sabtu Ini, Iniesta Lewati Rekor Puyol di Podium Legenda Barcelona
Infografis Andres Iniesta diambang masuk podium legenda FC Barcelona (marca.es)
A+ A-
BARCELONA - Pada Sabtu akhir pekan lalu dalam kemenangan 5-1 atas tuan rumah Leganes, Andres Iniesta menyamai rekor ‘Tarzan’ Migueli yang mencatat 391 penampilan buat FC Barcelona di La Liga.

Saat diturunkan melawan Atletico Madrid pada bentrok jornada kelima, Kamis (22/9) dini hari WIB. Iniesta telah melewati catatan Migueli sekaligus menyandingi Carles Puyol, sebagai pemain dengan caps terbanyak kedua buat Barcelona di Liga Spanyol.

Itu artinya, Iniesta telah masuk podium (tiga besar) rekor terhomat tersebut. Dan dengan musim 2016/17 masih harus melewati 33 laga. Maka rekor Puyol terbilang akan segera dilewati.

Apakah akhir pekan ini, ketika El Barca melawat ke kandang Sporting Gijon pada lanjutan jornada ke-6 La Liga, Sabtu (24/9) malam WIB, Iniesta kembali diturunkan Luis Enrique mengisi lini tengah tim utamanya?

Kalau begitu adanya, maka Iniesta akan melewati rekor Puyol sekaligus menggeser sang mantan el capitano tersebut dari posisi dua podium legenda Barca. Iniesta sekarang tinggal mengejar rekor Xavi Hernandez di posisi teratas daftar pemain Barcelona dengan jumlah penampilan terbanyak di La Liga (505 laga).

Nah hebatnya Iniesta, walau masih kalah dari Xavi dan setara dengan Puyol. Dia sudah melewati raihan jumlah trofi kedua rekannya itu. Iniesta saat ini telah mengkoleksi 32 gelar bersama El Barca, sedang Xavi cuma 28 dan Puyol 23.

Namun apakah soal rekor jumlah penampilan terbanyak buat Los Blaugrana milik Xavi bisa dikalahkan oleh Iniesta? Pasalnya, pemain berusia 32 tahun tersebut (Iniesta) sudah mulai jarang diturunkan entrenador Luis Enrique dengan alasan mengurangi menit main untuk menjaga kebugaran dan puncak performa setiap pilar tim utamanya.

Akan tetapi, kalau Iniesta tidak mampu melakukannya. Mungkin saja Lionel Messi bisa. Karena striker internasional Argentina itu sudah mengkoleksi 363 caps buat Barca di La Liga. Dengan lebih seringnya dia dipasang oleh Enrique, kans King Leo untuk melewati rekor Puyol terlebih dulu pada akhir musim ini amat besar.

Selain itu usia Messi masih 29 tahun. Seperti diprediksi oleh Marca, jika ingin mengalahkan rekor Xavi tadi, King Leo setidaknya mesti mengakhiri kariernya di Barcelona untuk tiga sampai empat musim mendatang, yang mana umurnya saat itu akan mencapai 33-34 tahun.

Prediksi itu bisa juga merupakan isyarat apakah kontraknya yang masih berlaku hingga Juni 2018 bakal diperpanjang oleh Barcelona atau tidak. Karena buat mengalahkan rekor Xavi, tentu Messi setidaknya harus mengakhiri kariernya di Estadio Camp Nou hingga musim panas 2020 atau 2021.

Keduanya diperkirakan masih belum memulai negosiasi perpanjangan kontrak tersebut, namun diharapkan kesepakatan akan terjadi di antara mereka pada akhir musim 2016/17.


(sbn)
dibaca 6.038x
Top