Brevet Koleksi Jenderal TNI Tyasno Sudarto, Nomor 1 dan 2 Didapat dari Kopassus

Senin, 03 Juli 2023 - 05:32 WIB
loading...
Brevet Koleksi Jenderal TNI Tyasno Sudarto, Nomor 1 dan 2 Didapat dari Kopassus
Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto merupakan salah satu Pati TNI AD yang diperhitungkan di masanya. Tyasno Sudarto berhasil melesat menjadi jenderal bintang empat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto merupakan salah satu Pati TNI AD yang diperhitungkan di masanya. Tyasno Sudarto berhasil melesat menjadi jenderal bintang empat dengan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) .

Jabatan KSAD diraih pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 14 November 1948 saat menggantikan posisi rekan seangkatannya di Akmil yakni, Jenderal TNI Subagyo Hadi Siswoyo. Dia mengemban jabatan sebagai orang nomor satu di kesatuan Angkatan Darat pada 20 November 1999-9 Oktober 2000.



Tyasno Sudarto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1970. Selama karier militernya, pria yang pernah diterjunkan dalam Operasi Seroja di Timor Timur ini pernah menduduki sejumlah jabatan penting di TNI.

Di antaranya adalah Danramil Kodim 0504/Jakarta Selatan (1973-1974), Danyonif 202/Taji Malela (1983-1984), Kasbrigif 13/Galuh (1989-1994), Asrena KSAD (1996-1998), Pangdam IV/Diponegoro (1998-1999), dan Kepala BAIS TNI (1999). Puncak karier militernya saat diangkat menjadi KSAD.

Tidak hanya jabatan moncer yang diraihnya, SBY juga telah banyak meraih penghargaan berupa tanda jasa maupun brevet sepanjang kariernya di militer.

Berikut brevet koleksi Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto:

1. Brevet Kualifikasi Komando Kopassus


Brevet ini disandang oleh prajurit yang telah menyelesaikan pendidikan komando Kopassus selama tujuh bulan. Dalam jangka waktu tersebut terdapat beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi. Brevet ini memiliki empat elemen di dalamnya, yakni tulisan Komando, pisau komando, jangkar, dan api membara.

Atribut ini diberikan kepada prajurit TNI yang telah menyelesaikan pendidikan komando di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Pendidikan yang berlangsung selama tujuh bulan ini meliputi pendidikan dasar, pelatihan di hutan, gunung, rawa, dan laut.

2. Brevet Para Utama


Brevet para utama merupakan bentuk penghargaan Kopassus atas peningkatan kerja sama yang telah dilakukan selama ini dalam membina dan meningkatkan kemampuan di bidang keparaan.

Selain itu, Brevet Para Utama merupakan tanda kemahiran atau kualifikasi yang diberikan oleh Korps atau angkatan kepada seseorang atas usaha dan jerih payahnya mengikuti pendidikan dan latihan pada bidang atau spesialisasi tertentu.



Sebelum disematkan, penerima Brevet Para Utama terlebih dahulu mengikuti serangkaian proses latihan, mulai dari Serbuan Gedung di Sat-81 Kopassus, menembak runduk dari atas gedung, patroli, serbuan ruangan pesawat, serangan regu Komando Unit-81, dan eksfiltrasi.

3. Brevet Pengemudi Kendaraan Tempur (Ranpur)


Brevet ini diberikan kepada prajurit TNI AD yang memiliki kualifikasi pengemudi kendaraan tempur (ranpur). Brevet Ranpur merupakan tanda kualifikasi kebanggaan Prajurit Kavaleri yang telah menyelesaikan aplikasi materi mengemudi kendaraan tempur Kavaleri baik secara teknis maupun taktis dihadapkan pada faktor medan dan cuaca.

4. Wing Penerbang TNI AD (Penerbad)


Wing ini didapatkan setelah menyelesaikan pelatihan di Pusat Penerbangan Angkatan Darat. Selain itu penyematan ini juga merupakan bentuk tanda kehormatan dari Angkatan Darat.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)