Preview Belanda vs Belarus: Jangan Hanya Bergantung Pada Satu Pemain

Jum'at, 07 Oktober 2016 - 16:45 WIB
Preview Belanda vs Belarus: Jangan Hanya Bergantung Pada Satu Pemain
Preview Belanda vs Belarus: Jangan Hanya Bergantung Pada Satu Pemain
A A A
ROTTERDAM - Danny Blind meminta pemainnya tetap tenang saat Belanda menyambut Belarus di Stadion Feijenoord. Tidak ada alasan untuk panik meski ada pilar yang hampir pasti absen.

Belanda wajib memanfaatkan dukung penuh fans untuk mencuri angka penuh dari Belarus. Soalnya, pada laga pertama Grup A, De Oranje bermain 1-1 kontra Swedia saat bertandang ke Friends Arena.

Jika bisa menjinakan Belarus, Negeri Kincir Angin bisa saja menguasai klasemen sementara. Itu dapat memperbesar kesempatan lolos otomatis ke Rusia. Sayangnya, pada laga kandang itu Belanda tidak bisa menurunkan Arjen Robben akibat patah tulang rusuk.

Robben jadi tumbal saat Bayern Muenchen bermain 1-1 kontra Cologne di Bundesliga, akhir pekan lalu, dan hanya bermain selama 45 menit. “Saya sudah bicara dengan Arjen Robben. Dia masih kurang fit. Itu sangat disayangkan,” ucap Blind pada skysport.

Blind mengakui absennya Robben jadi kerugian besar bagi Belanda. Playmaker berusia 32 tahun itu merupakan motor serangan. Absennya Robben pasti memberi dampak negatif. Itu terlihat waktu dikalahkan Yunani 1-2 saat uji coba, dan ditahan Swedia 1-1.

“Semua pemain tahu, kecil peluangnya Robben pulih tepat waktu. Tapi, ini membuat kami tahu apa yang harus dilakukan. Tanpa Robben, kami masih punya sejumlah pemain bagus,” tambah Blind.

Blind menyatakan tidak ada gunanya meratapi kondisi Robben, dan lebih baik memikirkan cara mengalahkan Belarus. Tim tamu bukan lawan sembarangan. Armada Alyaksandr Khatskevich sempat pamer kemampuan saat menahan Prancis 0-0.

Belarus juga pernah mengalahkan kontestan Piala Eropa 2016 seperti Republik Irlandia (2-1) waktu persahabatan. Setelah itu membungkam Norwegia 1-0. “Belarus sangat terorganisir dan punya pertahanan ketat. Itu akan menyulitkan,” sambung Blind.

Karena itu Blind meminta pada pemainnya agar selalu waspada. Dan, jangan terlalu terpaku pada rekor pertemuan. Sebab ini pertama kalinya lagi Belanda bersua Belarus setelah kalah 1-2 saat kualifikasi Piala Eropa 2008, 22 November 2007.

“Tapi, kami bermain di kandang. Dan, banyak pemain kami yang berkarir di kompetisi besar Eropa seperti Inggris, Italia, Spanyol dan Jerman. Jadi kami tahu cara menghadapi Belarus di kandang. Kami hanya perlu menang,” pungkas Blind.

Perkiraan pemain
Belanda: 4-3-3

Zoet; Karsdorp, Daley Blind, De Vrij, van Dijk; Strootman, Wijnaldum, Klaassen; Promes, Sneijder, Janssen.
Pelatih: Danny Blind

Belarus: 4-2-3-1
Gorbunov; Palitsevich, Polyakov, Sivakov, Bordachev; Korzun, Maevski; Stasevich, Gordeychuk, Kalachev; Signevich.
Pelatih: Alyaksandr Khatskevich
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)