FIFA Perintahkan PSSI Undur Pelaksanaan Kongres

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 02:08 WIB
FIFA Perintahkan PSSI Undur Pelaksanaan Kongres
FIFA Perintahkan PSSI Undur Pelaksanaan Kongres
A A A
JAKARTA - Kongres pemilihan ketua umum dan anggota exco PSSI tak jadi digelar pada 17 Oktober 2016 nanti. Kegiatan ini terpaksa ditunda sebab PSSI mendapat perintah dari FIFA selaku induk organisasi sepak bola dunia.

Dalam suratnya yang dikirim Jumat (14/10/2016) malam WIB, FIFA memerintahkan agar kongres tersebut diundur selambat-lambatnya hingga 10 November 2016. Soal lokasi, FIFA resmi memilih Jakarta sebagai kota penyelenggara kongres PSSI.

"Dalam konteks ini, kami mengabarkan pada PSSI bahwa anggota eksekutif sudah memutuskan untuk menunda pelaksanaan kongres yang dijadwalkan pada 17 Oktober 2016 dan menahan selambat-lambatnya sampai 10 November 2016," bunyi pernyataan dalam surat FIFA yang ditulis atas nama Fatma Samoura selaku Sekretaris Jenderal.

"FIFA menjawab masalah PSSI dengan mengambil tanggal dan tempat pelaksanaan yang baru. Kami juga menegaskan agar tidak ada penundaan lebih dari tanggal 10 November," demikian isi surat tersebut.

Penundaan ini tak lepas dari perbedaan pendapat antara PSSI dan Kemenpora soal lokasi penyelenggaraan kongres. PSSI awalnya ingin menggelar pemilihan di Makassar, Sulawesi Selatan. Namun rencana itu tidak disetujui oleh Kemenpora yang justru memberi usul agar kongres digelar di Yogyakarta.

Untuk mengatasi masalah ini, Kemenpora melalui Gatot S Dewa Broto selaku Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga mengirim surat ke FIFA pada 13 Oktober 2016 malam. Di saat yang bersamaan, PSSI sedang menggelar rapat exco di Hotel Aston, Kuningan, Jakarta.

Sehari kemudian, FIFA langsung menanggapi surat Kemenpora. Bagi mereka, ini jadi perhatian besar dan hal tersebut juga mereka cantumkan dalam suratnya.

"Kami sudah menerima surat Anda pada 14 Oktober 2016 soal Kongres PSSI. Masalah ini mendapat perhatian penuh dari kami," bunyi pernyataan FIFA.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4928 seconds (0.1#10.140)