Akhir Zaman dan 10 Pengikut Dajjal yang Harus Dihindari

Selasa, 11 Juli 2023 - 09:44 WIB
loading...
Akhir Zaman dan 10 Pengikut Dajjal yang Harus Dihindari
Kemunculan Dajjal di akhir zaman kelak diikuti dan didukung penuh oleh pengikutnya. Ada 10 golongan yang akan menjadi pengikutnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kemunculan Dajjal di akhir zaman merupakan salah satu tanda-tanda datangnya Hari Kiamat atau hari berakhirnya kehidupan di dunia. Ada 10 golongan pengikut Dajjal yang wajib dihindari. Simak ulasan berikut.

Rasulullah ﷺ mengabarkan bahwa Dajjal adalah fitnah terbesar sepanjang sejarah manusia. Hal ini diterangkan dalam salah satu sabda beliau ﷺ yang berbunyi:

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR Muslim)

Dai yang dijuluki "Ustaz Akhir Zaman" Ustaz Zulkifli Muhammad Ali (UZMA) pada kanal @uzma_media menceritakan, kehadiran Dajjal di muka bumi kelak akan didukung penuh oleh para pengikutnya. Siapakah mereka?

Berikut pengikut Dajjal sebagaimana dinukil dari Kitab Al-Mausuah fi Al-Fitan wa Al-Malahim wa Asyrati As-Sa'ah 721-727 karya DR Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh. Ada 10 golongan pengikut Dajjal di akhir zaman:

1. Orang-orang Yahudi.
2. Kelompok Khawarij.
3. Pelaku Bid'ah dan kesesatan.
4. Para Wanita yang mudah tergoda dengan syahwat dunia.
5. Golongan setan.
6. Tukang sihir.
7. Orang yang menjadi budak hawa nafsunya.
8. Pendusta.
9. Orang-orang gemar namimah (mengadu domba)
10. Orang-orang yang fanatik terhadap golongan dengan merendahkan golongan lainnya.

Wanita yang Tergoda Syahwat Dunia
Salah satu pengikut Dajjal di akhir zaman adalah kaum wanita yang tergoda syahwat dunia. Dari Ibnu Umar radhiyallahu'anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Dajjal akan turun di lembah air Murqonah' ini, maka orang yang datang kepadanya kebanyakan kaum wanita, sehingga seseorang akan pergi menemui sahabat karibnya, ibunya, anak perempuanya, saudara perempuannya, dan kepada bibinya untuk meneguhkan hatinya karena khawatir mereka akan pergi menemui Dajjal." (HR Ahmad)

Hadis ini tidaklah bermaksud untuk merendahkan kaum wanita. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh menjelaskan dalam kitabnya, kaum wanita yang mengikuti Dajjal itu karena gampang tergoda dengan syahwat dunia dan tidak mengedepankan akalnya sebagaimana laki-laki.

Kata Ustaz Zulkifli, salah satu upaya agar terhindar dari fitnah Dajjal adalah melalui jalur ilmu. Dengan mengetahui dan memahami siapa pengikut Dajjal di akhir zaman, paling tidak umat Islam bisa menyiapkan kewaspadaan sejak dini sehingga tidak menjadi bagian dari pengikutnhya.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)