10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri dan Gajinya, Jauh di Atas UMP DKI Jakarta

Selasa, 11 Juli 2023 - 10:47 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri dan Gajinya, Jauh di Atas UMP DKI Jakarta
Lulusan Teknik Industri prospek kerjanya cukup menjanjikan dengan estimas gaji rata-rata di atas UMR DKI Jakarta 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja jurusan teknik industri dan estimasi besaran gajinya.Mahasiswa teknik industri akan mempelajari semua prinsip dan keterampilan dari ilmu teknik.

Jadi jangan heran, jika kuliah teknik industri juga akan belajar mata kuliah yang ada di jurusan teknik lainnya. Survei menunjukkan, rata-rata gaji lulusan Teknik Industri ITB yakni sekitar Rp10.290.551 per bulan dengan masa waktu kerja 2–3 tahun.

Meski tak bisa dijadikan patokan namun hal itu bisa menjadi sedikit gambaran bagaimana prospek jurusan teknik industri di masa depan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 prospek kerja lulusan Teknik Industri di Indonesia dengan gaji rata-rata di atas UMP DKI Jakarta tahun 2023 yang besarnya Rp4,9 juta.

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri dan Estimasi Gajinya

1. Engineering Manager

Engineering manager yakni profesi yang bertugas menyusun rencana kerja dan sumber daya dalam sebuah proyek. Prospek gaji yang akan didapatkan oleh seorang engineering manager yang sudah berpengalaman bisa mencapai Rp 35 juta per bulan. Wah, lumayan juga

2. Logistics Specialist

Logistic specialist ialah profesi yang bertanggung jawab melakukan analisis rantai pasokan dalam sebuah kegiatan produksi. Seorang logistics specialist bisa mendapat gaji hingga Rp7 juta untuk ukuran pemula.

3. Cost Control Engineer

Profesi ini tugasnya yaitu menyusun perhitungan biaya, tenaga, dan waktu untuk menjalankan sebuah produksi. Bila kamu menjadi Cost Control Engineer kamu bisa mengantongi gaji hingga Rp15 juta dan bisa terus meningkat sesuai dengan pengalamanmu.


4. Project Manager

Project manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur seluruh tim yang terlibat dalam sebuah proyek. Seorang project manager bisa mendapat gaji hingga Rp35 juta dan bisa terus meningkat sesuai pengalamannya.

5. Quality Control Engineer

Quality control engineer yaitu dia yang bertugas memeriksa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik atau memenuhi standar. Seorang quality control engineer bisa mendapat gaji hingga Rp10 juta.

6. Project Management Analyst

Projecet Management Analyst tugasnya menganalisis proses produksi agar bisa menjadi semakin efisien. Profesi ini bisa mendapat gaji Rp17 juta hingga puluhan juta.

7. Health Safety Environment Engineer

Seorang HSE Engineer memiliki tugas yaitu melakukan analisis lokasi dan prosedur kerja yang sekiranya berdampak pada keselamatan para pekerja. Profesi ini bisa mengantongi gaji hingga Rp10 juta.


8. Hubungan Industri

Hubungan Industri berhubungan dengan dunia manajemen dan tenaga kerja. Profesi ini akan melakukan negosiasi yang berhubungan dengan tindakan industrial. Gajinya bisa sangat besar bahkan mencapai ratusan juta rupiah loh.

9. Akademisi

Sebagai lulusan teknik industri tentu kamu bisa memilih untuk menjadi dosen. Sebelum itu tentu kamu harus menempuh jenjang master terlebih dahulu.

Menjadi dosen cukup menjanjikan masa depan yang mapan untukmu, salah satu prospek kerja teknik industri yang lumayan.. Gaji yang bisa kamu peroleh mulai dari Rp5 juta dan akan terus meningkat sesuai dengan pengalaman.

10. Pengusaha

Prospek kerja teknik industri berikutnya. Seorang lulusan teknik industri memiliki bekal pengetahuan mengenai dunia industri, produksi, dan tenaga kerja.Dengan bekal ilmu ini tentu saja kamu bisa menjadi seorang pengusaha sukses.Pendapatanmu pun bisa tak terhingga dengan menjadi pengusaha.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3242 seconds (0.1#10.140)