10 Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Dilontarkan Dosen Penguji, Begini Cara Menjawabnya

Rabu, 12 Juli 2023 - 12:44 WIB
loading...
10 Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Dilontarkan Dosen Penguji, Begini Cara Menjawabnya
Sidang skripsi menjadi salah satu tahapan penting bagi mahasiswa akhir di jenjang sarjana. Mahasiswa perlu mengetahui kebiasaan pertanyaan yang sering dilontarkan di sidang skripsi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pertanyaan tersulit sidang skripsi dari dosen penguji ini perlu diperhatikan oleh para mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi.Rata-rata empat tahun lamanya waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan semua mata kuliah di jenjang sarjana (strata 1).

Pada akhirnya tibalah ujian terakhir yaitu sidang skripsi, sebuah prosesi untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah ditulis oleh para calon sarjana melalui sidang skripsi.Dirangkum dari berbagai sumber, ini sejumlah pertanyaan sidang skripsi tersulit yang harus diantisipasi mahasiswa calon sarjana.

Pertanyaan Tersulit Sidang Skripsi dari Dosen Penguji dan Cara Menjawabnya

1. Jelaskan alasan mengapa penelitian ini penting dilakukan?

Pertanyaan ini selalu muncul dalam sidang skripsi tapi anehnya masih dianggap pertanyaan sidang skripsi tersulit.

Tips menjawab pertanyaan ini

Bila masih merasa lelah karena telah melakukan presentasi, jawablah dengan santai dan tidak perlu tergesa-gesa. Jelaskan apa yang menjadi kekhawatiran sehingga kamu melakukan penelitian ini.

2. Jelaskan alasan mengapa kamu memilih judul penelitian ini?

Sama seperti pertanyaan pertama, jawaban dari pertanyaan ini ada di bab pertama. Di bagian akhir Latar Belakang Masalah yang merupakan kesimpulan mengapa satu judul diambil.

Tips menjawab pertanyaan ini

Jawablah dengan pertama kali mengungkapkan isu yang ingin diteliti. Kemudian teori yang digunakan dan objek apa yang diteliti. Ketiga komponen itulah yang membentuk judul penelitian.


3. Jelaskan alasan menggunakan teori ini dibandingkan teori lain?

Dalam setiap penelitian tentu ada teori yang menjadi dasar melakukan penelitian. Pertanyaan ini dianggap sulit karena kebanyakan mereka yang sidang merasa tertekan dengan keharusan menjelaskan teori-teori secara rinci. Padahal, menerangkan perbedaan teori yang dipakai dengan yang lainnya secara garis besar sudahlah cukup.

Tips menjawab pertanyaan ini

Jawaban untuk pertanyaan ini bervariasi. Tergantung dari alasanmu mengapa pada awalnya memilih menggunakan teori satu dibandingkan yang lain.

4. Bagaimana cara kamu mendapatkan data?

Jawaban untuk pertanyaan ini tergantung dari penelitian jenis apa yang dilakukan. Apakah itu kuantitatif atau kualitatif. Kuantitatif biasanya harus mengadakan observasi seperti survey pada subjek yang diteliti. Sementara kualitatif bisa lebih sederhana hanya dengan membaca dan studi pustaka.

Tips menjawab pertanyaan ini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)