Ini Perbedaan Kandidat Ballon d'Or 2016 dan The Best FIFA

Sabtu, 05 November 2016 - 17:13 WIB
Ini Perbedaan Kandidat Ballon dOr 2016 dan The Best FIFA
Ini Perbedaan Kandidat Ballon d'Or 2016 dan The Best FIFA
A A A
ZURICH - Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) sudah mengumumkan 23 nama kandidat pemain terbaik (The Best FIFA Football Award 2016), Jumat (4/11/2016) atau Sabtu (5/11/2016) dini hari WIB. Ada sejumlah nama yang tidak masuk dalam kategori 'Terbaik' versi FIFA, tapi masuk 30 nomine peraih Ballon d'Or 2016 yang dikoordinasi Majalah France Football.

Tahun ini penganugerahan gelar bergengsi individu terpisah antara FIFA dengan Ballon d'Or versi France Football. FIFA -yang enam tahun terakhir menjadi penyelenggara FIFA Ballon d'Or- sudah tak lagi terkait dengan Ballon d'Or setelah putus hubungan pada September 2016. Ballon d'Or lebih dulu mengumumkan nama 30 kandidat, yakni pada 25 Oktober lalu. Sedangkan FIFA hanya mencalonkan 23 nama. (Baca juga: 23 Nama Berebut Gelar Pemain Terbaik versi FIFA 2016)

Kini, keduanya berjalan masing-masing. France Football ingin kembali ke tujuan semula dengan memberikan hak voting kepada jurnalis di seluruh dunia untuk memilih yang terbaik menurut mereka. Ballon d'Or tak lagi melibatkan pendapat para kapten dan pelatih tim nasional dari seluruh dunia.

Sedangkan The Best FIFA, merupakan hasil dari proses pemungutan suara gabungan, di mana 50% dari keputusan akan diambil berdasarkan pilihan dari kapten dan pelatih kepala semua tim nasional di seluruh dunia. Sebanyak 50% lainnya akan dibagi antara hasil dari pemungutan suara publik secara online dan kelompok yang dipilih dari 200 perwakilan media dari enam benua.

FIFA akan mengumumkan pemenang pemain terbaik (putra dan putri), pelatih tim pria dan tim wanita terbaik, dan empat kategori lainnya pada acara The Best FIFA Football Awards di Zurich, 9 Januari 2017. Pengumuman pemenang Ballon d'Or 2016 berlangsung 13 Desember. (Baca juga: FIFA Siapkan 8 Kategori Penghargaan Pesaing Peraih Ballon d'Or).

Ada sejumlah nama yang ada dalam kandidat Ballon d'Or tak ada dalam The Best FIFA, dan sebaliknya. Ada 10 nama calon peraih Ballon d'Or tapi tidak masuk dalam The Best FIFA, yakni Thomas Mueller (Bayern Muenchen), Pepe (Real Madrid), Paulo Dybala (Juventus), Gonzalo Higuain (Juventus), Diego Godin (Atletico Madrid), Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund), Hugo Lloris (Tottenham Hotpsur), Arturo Vidal (Bayern Muenchen), Koke (Atletico madrid), dan Rui Patricio (Sporting CP).

Sedangkan nama Alexis Sanchez, Mesut Oezil (keduanya Arsenal) dan N'golo Kante (Chelsea eks Leicester City) masuk kandidat The Best FIFA tapi tidak masuk dalam kandidat Ballon d'Or 2016.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4838 seconds (0.1#10.140)