Gerakkan Ekraf dan UMKM Daerah, Sandiaga Uno Hadirkan Sinema Keliling di Jambi

Selasa, 18 Juli 2023 - 11:15 WIB
loading...
Gerakkan Ekraf dan UMKM Daerah, Sandiaga Uno Hadirkan Sinema Keliling di Jambi
Sinema keliling bisa menggerakan UMKM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Upaya menggerakkan sektor ekonomi kreatif ( ekraf ) terus dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui program Festival Film Bulanan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Sinema Keliling.



Sinema Keliling merupakan bagian dari program Roadshow Festival Film Bulanan 2023 yang berisikan pemutaran film-film pendek karya anak bangsa, dipadukan dengan berbagai hiburan, seperti musik, pertunjukan kesenian, stand up comedy, dan lain sebagainya.

Hingga hari ini, Sinema Keliling telah sukses digelar di 5 kota, yaitu Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Mataram, dan yang terakhir dilaksanakan pada tanggal 7 - 9 Juli 2023, berlokasi di Alun-Alun Garuda, Muara Bulian, Batanghari, Jambi berkolaborasi dengan pelaku kreatif lokal dan komunitas lokal Batanghari, MAP Creative Production.

Acara yang mengusung tema AyoNontonFilm ini menayangkan beberapa Film Terpilih Festival Film Bulanan dan film lokal. Di antaranya film ‘Bersama Membangun Negeri’, ‘Penjara Segara’, ‘We’, ‘Pepadu’, ‘Mendayung Harapan’, ‘Bagurau’, dan ‘Selembar Mimpi’.

Hari pertama Sinema Keliling dibuka oleh Mohammad Amin selaku Direktur Musik, Film, dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama perwakilan komunitas lokal yang bertajuk 'Dialog Malam'.

Berbeda dengan Sinema Keliling sebelumnya, Sinema Keliling kali ini melibatkan lebih dari 50 UMKM. Salah satu pedagang, Naila dari UMKM Luntilah, mengatakan sangat merasa terbantu dengan adanya Sinema Keliling di Batanghari, Jambi,

"Senang banget, karena dari sini kami bisa jualan, dapat customer baru. Semoga lebih banyak acara kayak gini, supaya kami bisa dapat kesempatan lagi untuk jualan," ujar Naila.

Senada dengan Naila, Muhammad Rizki Afandi dari UMKM Mie Sekotak juga mengungkapkan pendapatnya, "Alhamdulillah ramai, yang biasanya cuma laku 20-30 kotak, ini sampai terjual 200 kotak per hari”, ungkapnya.

Selain bazar UMKM, Sinema Keliling Batanghari, Jambi juga diramaikan dengan kompetisi Mobile Legends yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selanjutnya ada pula fashion carnaval dari SMA 6 Batanghari yang menampilkan kostum dari bahan-bahan daur ulang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)