alexa snippet

Piala AFF 2016

Malaysia Batal Tarik Tim Nasional di Piala AFF 2016

Malaysia Batal Tarik Tim Nasional di Piala AFF 2016
Rapat kabinet telah memutuskan untuk tidak menarik tim nasional Malaysia dari Piala AFF 2016. Itu sebagaimana disampailkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Khairy Jamaluddin / Istimewa
A+ A-
KUALA LUMPUR - Rapat kabinet telah memutuskan untuk tidak menarik tim nasional Malaysia dari Piala AFF 2016. Itu sebagaimana disampailkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Khairy Jamaluddin.

Awalnya pemerintah Malaysia mengancam menarik tim nasional mereka dari keikutsertaannya di turnamen bergengsi dua tahunan tersebut. Ini sebagai bentuk dukungan menyusul tragedi pembantaian kaum Muslim di Myanmar.

Namun dari rapat kabinet diputuskan jika mereka menolak untuk menarik tim nasional Malaysia dari Piala AFF 2016. Khairy mengatakan, pemerintah akan menggunakan cara lain untuk memprotes kekejaman terhadap etnis rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar.

"Ada banyak pembahasan dalam rapat kabinet, termasuk membahas situasi rohingya di Myanmar. Di sini kami membahas tindakan apa yang akan dilakukan, termasuk boikot Piala AFF. Tapi kabinet memutuskan untuk tidak menarik diri dari turnamen," ungkap Khairy Jamaluddin seperti dikutip The Star, Sabtu (26/11/2016).

Ditambahkan: "Pemerintah akan menempuh jalan lain untuk keprihatinan kami dan meminta tindakan yang akan diambil. Sehingga apa pun yang terjadi di negara bagian Rakhine akan berhenti."

Khairy menyadari itu sangat berisiko jika pemerintah mengambil keputusan memboikot penyelenggaraan Piala AFF di Myanmar. Karena akan menempatkan Asosiasi Sepak Bola Malaysia tersanksi dari FIFA.

"Kami sangat prihatin tentang apa yang terjadi di Myanmar, tapi kami juga sadar sanksi oleh FIFA," tutup Khairy.

Dengan keputusan tersebut maka Malaysia bakal tampil di laga pemungkas Grup B melawan Myanmar di Thuwunna Stadium, Sabtu (26/11/2016) malam. Kemenangan menjadi harga mati buat kedua tim nasional mengingat mereka sama-sama mengoleksi tiga poin dan hanya selisih gol saja.



(bep)
dibaca 18.976x
loading gif
Top