alexa snippet

Piala AFF 2016

Dinilai Representatif, Indonesia Jamu Vietnam di Pakansari

Dinilai Representatif, Indonesia Jamu Vietnam di Pakansari
Tim nasional Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Pakansari pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016/Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - PSSI akhirnya memilih Stadion Pakansari sebagai venue laga pertama semifinal Piala AFF 2016 kontra Vietnam. Stadion Pakansari yang berlokasi di wilayah Cibinong, Bogor, itu dinilai representatif untuk menggelar laga yang disiarkan langsung RCTI  pada Sabtu, 3 Desember mendatang.

Kepastian Pakansari sebagai tuan rumah leg pertama diungkap Ketua umum PSSI Letnan Jenderal Edy Rahmayadi, Senin (28/11/2016). Awalnya, ada tiga alternatif untuk menjamu Vietnam di leg pertama. Selain Pakansari, juga Stadion Manahan Solo dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung. (Baca juga: Peluang Semifinal Piala AFF Digelar di Stadion GBLA Bandung Tipis).

Belakangan mengerucut pada dua nama, yakni Pakansari dan Stadion GBLA, hingga akhirnya diputuskan Pakansari sebagai tuan rumah. "Timnas akan mengunakan Stadion Pakansari menjamu Vietnam. Sebab GBLA lapangannya masih rusak seusai PON," ujar Edy kepada wartawan.

Panitia pelaksana Stadion Pakansari Djoko Purwoko juga memastikan stadion berkapasitas 30.000 tempat duduk itu sebagai tuan rumah. Hal itu dia ungkap dalam postingan di akun Instagram-nya (@djoko_purwoko_developer). "Fix di Pakansari toh...Indonesia vs Vietnam...1st Leg Semifinal AFF 2016...Ayo berikan dukungan kalian untuk Garuda di dadaku...One Nation One Team," tulisnya.

Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2016 seusai membungkam Singapura 2-1 pada laga pemungkas Grup A. Perjuangan Indonesia ke semifinal berlangsung dramatis. Sempat tertinggal lewat gol Khairul Amri pada menit ke-26, namun gol Andik Vermansyah berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-62. Gelandang berdarah Belanda Stefano Lilipaly menjadi pahlawan kemenangan Merah Putih lewat gol di menit ke-85. (Baca juga: Kalahkan Timnas Singapura, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF 2016).

Stadion Pakansari dinilai layak menggelar leg pertama semifinal kontra Vietnam lantaran memiliki kapasitas penonton yang cukup besar, serta sarana penginapan, dan akses menuju ke lokasi sangat mendukung.



(sha)
dibaca 18.478x
loading gif
Top