alexa snippet

Piala AFF 2016

Kehilangan Dua Pilar Belakang, Riedl Belum Tunjuk Pengganti

Kehilangan Dua Pilar Belakang, Riedl Belum Tunjuk Pengganti
Rudolof Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto akan absen di leg pertama semifinal Piala AFF 2016. Kedua pemain terkena akumulasi kartu kuning. Foto : Istimewa
A+ A-
CIBINONG - Lini belakang Timnas Indonesia dipastikan kehilangan dua pilar menyusul absennya Rudolof Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto. Kedua pemain ini dipastikan duduk manis setelah terkena akumulasi kartu kuning.

Namun ketika hal ini ditanyakan, pelatih Alfred Riedl mengaku belum membuat keputusan. Indonesia melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2016 melawan Vietnam, Sabtu (3/12/2016) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor dan disiarkan langsung RCTI. 

Menurutnya, semua pemain memiliki kesempatan sama untuk menjadi pengganti Yanto Basna dan Fachruddin. Manahati Lestusen, Hansamu Yama Pranata, dan Gunawan Dwi Cahyo sama-sama berpeluang diturunkan. Riedl, yang khusus ditanya soal peluang Gunawan, menilai bek Persija Jakarta tersebut punya kelebihan yang bisa dimaksimalkan. Gunawan memang cukup bagus saat turun bersama Macan Kemayoran di Turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

"Semua pemain memiliki peluang untuk bermain. Saya tetap tidak bisa menentukannya saat ini. Dia (Gunawan) pemain yang bagus dan sejauh ini sudah menyatu bersama tim dengan baik," papar Riedl.

Menariknya, perubahan kemungkinan dilakukan di bawah mistar gawang. Pelatih kiper timnas Indonesia Gatot Prasetyo menyebut nama Andritany Ardiyasa layak diturunkan pada laga melawan Vietnam. Padahal, pemain Persija tersebut tidak turun di tiga laga penyisihan grup.

"Melawan Vietnam, saya sarankan kepada Coach Riedl apa yang saya tahu. Vietnam tidak bermain umpan lambung, mereka memanfaatkan dua pertahanan kami di depan kiper yang artinya bermain terobosan. Jadi dibutuhkan kiper yang memiliki kecepatan dan kemampuan bermain seperti libero dan itu ada pada sosok Andritany," jelas Gatot.

"Saya memberikan masukan kepada dia. Ini berdasarkan pengamatan dari hasil dua laga uji coba saat melawan Vietnam. Untuk menutup itu, kami membutuhkan Andritany. Tapi, semua itu kembali pada keputusan Riedl," tuturnya.



(bbk)
dibaca 5.533x
loading gif
Top