Kilas Balik Pertarungan Indonesia vs Vietnam

Kamis, 01 Desember 2016 - 12:22 WIB
Kilas Balik Pertarungan Indonesia vs Vietnam
Kilas Balik Pertarungan Indonesia vs Vietnam
A A A
JAKARTA - Tim nasional Indonesia akan menghadapi Vietnam di babak semifinal Piala AFF 2016. Pada leg pertama, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah dan laga bakal digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/12/2016).

Kedua tim punya sejarah panjang dalam sepak bola Asia Tenggara. Pada catatan pertemuan, Indonesia masih lebih unggul dari Vietnam. Namun dalam lima bentrokan terakhirnya, Timnas Garuda selalu kesulitan menghadapi lawannya ini.

Berikut catatan singkat pertarungan kedua tim:

1. Vietnam 3 - 2 Indonesia (Laga Persahabatan - 8 November 2016)
Ini merupakan uji coba tandang kedua Indonesia setelah terbebas dari hukuman FIFA. Hasilnya, Indonesia dipaksa menyerah dengan skor 2-3.

Tim Garuda sebenarnya sempat memimpin lewat gol Boaz Salossa menit 33. Namun Vietnam dapat menyamakan kedudukan melalui Le Cong Vinh beberapa detik sebelum babak pertama usai.

Indonesia kembali unggul lewat penalti Irfan Bachdim menit 52. Tapi Vietnam dapat membalikkan keadaan berkat gol Nguyen Cong Phuong menit 71 dan Nguyen Van Toan menit 83.

2. Indonesia 2 - 2 Vietnam (Laga Persahabatan - 9 Oktober 2016)
Sebulan sebelum dikalahkan, Indonesia dapat menahan imbang Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta. Sempat tertinggal 0-2, skuat asuhan Alfred Ridel sukses menyamakan skor jadi 2-2.

Gol Vietnam dicetak Le Van Thang menit 4 dan Vu Minh Tuan menit 12. Sedangkan gol balasan Indonesia dibuat Zulham Zamrun menit 27 dan Irfan Bachdim menit 28.

3. Vietnam 2 - 2 Indonesia (Babak Penyisihan Grup A Piala AFF - 22 November 2014)
Kedua tim membuka perhelatan Piala AFF 2014 lalu. Tampil sebagai tim tamu, Indonesia membuat kejutan dengan menahan imbang Vietnam 2-2.

Tuan rumah sempat memimpin di menit 11 lewat gol Que Ngoc Hai. Namun Indonesia mampu menyamakan kedudukan melalui aksi Zulham Zamrun menit 31.

Pada menit 68 gawang Indonesia kembali dijebol. Kali ini giliran Le Cong Vinh yang menjadi aktor utama dari lahirnya gol tersebut. Namun Vietnam gagal mempertahankan keunggulannya. Sebab di menit 84 Samsul Arif berhasil membuat gol penyeimbang.

4. Vietnam 0 - 0 Indonesia (Laga Persahabatan - 16 Oktober 2012)
Timnas Indonesia tampil dengan pemain seadanya. Hal ini terjadi sebab sedang ada kisruh dalam tubuh pengurus sepak bola dalam negeri.

Meski demikian, Indonesia dapat menahan imbang Vietnam tanpa gol. Pada laga ini kiper Indonesia, Endar Prasetya tampil luar biasa karena sering melakukan penyelamatan yang gemilang.

5. Indonesia 0 - 0 Vietnam (Laga Persahabatan - 15 September 2012)

Hasil imbang lebih dulu dirasakan kedua tim saat menggelar uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Indonesia yang dilatih Nil Maizar mengandalkan pemain-pemain yang tampil di kompetisi IPL seperti Ellie Aiboy, Vendry Mofu, Endar Prasetya, Hengky Ardiles dan Samsul Arif.

Hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Vietnam yang dianggap kuat pada saat itu, mampu diladeni meski akhirnya hanya bisa imbang dengan skor 0-0.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5336 seconds (0.1#10.140)