SMP Islam Al Azhar 1 Kebayoran Bakal Kembali Tampil di Festival de Folkore Polandia

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:29 WIB
loading...
SMP Islam Al Azhar 1 Kebayoran Bakal Kembali Tampil di Festival de Folkore Polandia
Tim kesenian SMP Islam Al Azhar 1 Kebayoran Jakarta Selatan kembali diundang untuk mengikuti Festival de Folkore di Polandia pada 22 Juli-5 Agustus 2023.
A A A
JAKARTA - Tim kesenian SMP Islam Al Azhar 1 Kebayoran Jakarta Selatan kembali diundang untuk mengikuti Festival de Folkore di Polandia pada 22 Juli-5 Agustus 2023.

Menurut Windi Marhatus Sholiha, Kordinator Kegiatan Program Folklore SMP Islam Al Azhar 1 Kebayoran, setiap tahun sekolahnya mendapatkan undangan dari Festival Folklore, yang diadakan oleh beberapa negara melalui organisasi CHioff Indonesia, sebuah organisasi non-profesi dan organisasi budaya internasional yang sudah menjadi partner resmi UNESCO.

"Tim tari SMP Al Azhar akan menampilkan tari piring, tari saman, tari greget jawara, dan instrumental musik tradisional. Totalnya kami mengirim 28 orang, terdiri dari 20 penari, dan 8 pemusik," tuturnya, Rabu (12/7/2023).

Selama lima bulan sebelum berangkat ke festival, kata Windi, mereka melakukan berbagai persiapan seperti make up, kostum, dan terutama latihan menari tiga kali seminggu. "Ini tantangannya, harus bisa menyediakan waktu yang cukup untuk mempersiapkan tarian-tarian yang bagus," ujar pengajar PPKN di SMP Al Azhar ini.

Andi Putri Sakura, salah satu siswi dalam tim tari yang akan ikut ke festival, menceritakan bahwa berlatih selama lima bulan sebelum berangkat itu sangat menguras tenaga. Tapi dia mengaku senang dan selalu semangat melakukannya. "Karena saya memang suka kegiatan ini," ucap siswi kelas 9D tersebut diamini teman-temannya, yaitu Qeara Azizah Ramadhan Persada Partadinata, dan Giandra Sachio Danu.

Natarina Alea Byza, siswi dari tim tari lainnya, menambahkan, setiap latihan setidaknya dia menghabiskan waktu tiga jam. "Selain latihan fisik, kita juga latihan mental, menjaga stamina, asupan makanan dan istriahat cukup agar bisa menampilkan tarian yang bagus," kata pelajar kelas 9F saat ditemui studio iNews di sela pengambilan gambar untuk program Morning Update iNews.

Dia berharap dengan mengikuti kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan sekolah, sekaligus mengisi masa muda dengan kegiatan positif yang membanggakan sekolah dan orang tua.

Dalam kesempatan tersebut Natarina datang bersama tim tari dari sekolahnya, mereka adalah Qeara Azizah Ramadhan Persada Partadinata, Giandra Sachio Danu, dan Andi Putri Sakura, untuk tampil di program Morning Update iNews.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5794 seconds (0.1#10.140)