Panglima TNI Luncurkan Buku Perang Rusia vs Ukraina, Ini Isinya

Selasa, 25 Juli 2023 - 15:27 WIB
loading...
Panglima TNI Luncurkan Buku Perang Rusia vs Ukraina, Ini Isinya
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meluncurkan buku berjudul Perang Rusia vs Ukraina: Dalam Persepsi Intelijen Strategi. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meluncurkan buku berjudul 'Perang Rusia vs Ukraina: Dalam Persepsi Intelijen Strategi'. Buku berisi kumpulan analisis intelijen strategis terkait konflik kedua negara tersebut.

Menurut Yudo, TNI terpanggil untuk meneruskan pesan kepala negara yang menyampaikan bahwa dunia saat ini tidak sedang baik-baik saja. "Dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja, oleh karenanya pengetahuan mengenai kebutuhan utama sebagai modal dasar yang akan dimanfaatkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Yudo saat peluncuran buku di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023).

Yudo mengatakan, peluncuran buku Perang Rusia vs Ukraina ini merupakan sumbangsih TNI kepada bangsa. "Saya berharap pengetahuan yang disajikan dalam ulasan-ulasan, analisis dan sintesa di dalam buku ini dapat bermanfaat guna menjadi bahan acuan dan pembelajaran bagi segenap bangsa Indonesia," jelasnya.



Selanjutnya, kata Yudo, setiap elemen bangsa harus menyadari bahwa ancaman terhadap kedaulatan negara tidak bisa dihadapi secara terisolasi atau sendiri-sendiri. "Kerja sama antarlembaga dan komponen bangsa menjadi kunci untuk mengatasi tantangan keamanan bersama," ucapnya.

Sebagai informasi, penulisan buku ini merupakan salah satu kajian yang diinisiasi oleh Kepala Badan Intelijen Strategis TNI menanggapi salah satu isu global yang mendominasi saat ini yaitu perang Rusia-Ukraina.

Buku ini membahas bagaimana perang Rusia dan Ukraina bisa mencuat sampai dengan terjadinya perang perebutan wilayah berikut dampak terjadinya perang tersebut pada lingkungan regional dan global serta kemungkinan ke depannya antara Rusia dan Ukraina akan terjadi.

Buku ini secara terstruktur menampilkan langkah analisis intelijen, melalui tahapan pengumpulan, penganalisaan dan pengevaluasian informasi dari berbagai sumber. Secara metodologis, buku ditampilkan dengan pengantar (sejarah konflik narasi profil dan kekuatan kedua negara, dan organisasi aliansi), isi (fase konflik, front terkait, dampak, teknologi, dan profil pimpinan), dan penutup (ramalan dan skenario berikutnya).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)