Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya

Rabu, 26 Juli 2023 - 14:53 WIB
loading...
Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya
Doa saat kita keluar dari rumah penting diketahui setiap muslim. Selain banyak keutamaannya, doa ini juga sebagai doa memohon perlindungan Allah SWT agar kita tetap dijaga dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa saat keluar rumah penting diketahui setiap muslim. Selain banyak keutamaannya, doa ini juga sebagai doa memohon perlindungan Allah SWT agar kita tetap dijaga dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Harus diakui, hampir setiap hari kita pasti keluar rumah, entah untuk pergi kerja, ke sekolah, kuliah, ke pasar, atau sekadar ke tempat yang dekat. Ke masjid atau ke tetangga, misalnya. Bila kita rutin membaca doa keluar rumah ini, kita bisa mendapatkan pahala dan keutamaannya sesering kita membacanya.

Doa Keluar Rumah Lengkap Tulisan Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya

Doa pertama ini bersumber dari hadits hasan shahih riwayat Tirmidzi dan Abu Daud

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ


Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa haula walaa quwwata illaa billah

Artinya : "Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali karena Allah.

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Imam Tirmidzi meriwayatkan keutamaan doa tersebut dalam Sunan-nya.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَنْ قَالَ – يَعْنِى إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ – بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ. يُقَالُ لَهُ كُفِيتَ وَوُقِيتَ. وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ


Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa ‘bismillahi tawakkaltu ‘alalloohi laa haula walaa quwwata illaa billah’ dikatakan kepadanya kamu akan dicukupi, kamu dilindungi. Seketika itu, setan-setan menjauh dari orang yang membaca doa ini.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits di atas, kita mengetahui bahwa keutamaan membaca doa keluar rumah tersebut adalah mendapatkan kecukupan dan perlindungan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karenanya, selalu baca doa ini ketika ke luar dari rumah. Insya Allah akan selamat dan mendapat perlindungan-Nya.

Ada pula hadits riwayat Ibnu Hibban yang menjelaskan keutamaan doa ini. Bahwa siapa yang membaca doa tersebut, ia akan mendapatkan kecukupan, perlindungan, dan petunjuk. Maka syetan pun mengatakan kepada syetan lainnya, “Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang telah mendapatkan kecukupan, perlindungan, dan petunjuk?”

Selain doa di atas, ada lagi doa keluar rumah yang Rasulullah ajarkan. Derajatnya juga shahih. Berasal dari jalur Ummu Salamarh radhiyallahu ‘anha.

Berikut ini tulisan Arab, latin, dan artinya:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نَزِلَّ أَوْ نَضِلَّ أَوْ نَظْلِمَ أَوْ نُظْلَمَ أَوْ نَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيْنَا


Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloh. Alloohumma innii a’uudzubika min an nazilla au nadlilla au nadhlima au nudhlama au najhala au yujhala ‘alainaa)

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada-Nya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku tersesat atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, menzalimi atau dizalimi, bodoh atau dibodohi.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2387 seconds (0.1#10.140)