Video Aksi Brutal Pemain dan Suporter Terhadap Wasit di Argentina

Selasa, 06 Desember 2016 - 20:24 WIB
Video Aksi Brutal Pemain dan Suporter Terhadap Wasit di Argentina
Video Aksi Brutal Pemain dan Suporter Terhadap Wasit di Argentina
A A A
BUENOS AIRES - Kejadian brutal yang menimpa wasit di lapangan, masih saja terjadi di kompetisi sepak bola. Teraktual, hal itu terjadi di Torneo Federal B, Argentina, Minggu (4/12/2016) waktu setempat atau Senin (5/12/2016) WIB.

Semuanya berawal dari leg II semifinal Torneo Federal B 2016, antara tuan rumah Sarmiento Ayacucho melawan Sansinena di Estadio Municipal Dr. Jose Antonio Barbieri, di Ayacucho, Buenos Aires.

Sebagai tuan rumah, Sarmiento berusaha membalas kekalahan sekaligus defisit 1-2, pada leg I di markas Sansinena sepekan sebelumnya (27/11/2016). Akan tetapi, saat tuan rumah tertinggal 1-2 pada babak kedua. Sejumlah pemain Sarmiento melakukan protes kepada wasit yang memimpin jalannya laga, Claudio Elchiri. Salah satu penyebabnya, gol penyeimbang dari tim tamu dicetak lewat hadiah titik penalti. Pertandingan pun sempat terhenti selama 20 menit.

Sayangnya, karena tensi laga yang telah mendidih, dan terprovokasi dengan menilai keputusan wasit yang dianggap memihak Sansinena. Beberapa pemain Sarmiento yang mengerubungi wasit Elchiri, mulai melakukan aksi tak terpuji.


Sejumlah bogem mentah dan tendangan dari beberapa pemain Sarmiento, melayang ke wajah Elchiri. Tak sampai disitu, walau telah dilerai oleh pihak keamanan, fans tuan rumah justru ganti menyerang sang wasit tidak beruntung itu. Setelah keluar melalui pagar lapangan, barulah Elchiri tak mendapat serangan lagi. Akhirnya, Sansinena lolos ke final turnamen ini dengan agregat 4-2.

Akan tetapi, selain Elchiri, ternyata asisten wasit Juan Chaparro dan Juan Bardas, juga menderita atas aksi brutal dari sejumlah pemain Sarmiento dan suporternya. Sekjen Perwasitan Sepak Bola Argentina (AAA) Federico Beligoy, langsung menyatakan kekecewaannya.


“Kejadian brutal ini, merupakan sebuah aksi yang sangat serius. Memang ini bisa terjadi kepada wasit mana saja. Akan tetapi, sekali lagi kejadian ini sungguh memalukan dan mencoreng citra dari sepak bola Argentina,” semprot Beligoy seperti dilaporkan Diario Jornada.

Sementara itu, Pengadilan Federal setempat, akan menganalisa kejadian ini pada Rabu (7/12/2016). Karena mereka telah menerima bukti pelaporan dari berbagai pihak. Salah satunya ialah, rekaman kejadian yang telah viral di media sosial. “Saya telah melihat rekaman kejadiannya. Sebuah keputusan yang adil, harus diambil. Agar kedepannya, hal seperti ini tidak terjadi lagi,” imbuh Beligoy.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7352 seconds (0.1#10.140)