Ciri Fisik Kaum Ad yang Dipercaya Membuat Piramida, Benarkah seperti Raksasa?

Kamis, 27 Juli 2023 - 14:13 WIB
loading...
Ciri Fisik Kaum Ad yang Dipercaya Membuat Piramida, Benarkah seperti Raksasa?
Kaum Ad banyak dipercaya sebagai manusia raksasa yang memiliki tubuh besar dan kuat. Mereka menempati al-Ahqaf, sebuah pegunungan pasir yang terletak di daerah Yaman antara Oman dan Hadramaut. Foto/Ilustrasi/Pixabay
A A A
JAKARTA - Mendengar nama ‘Kaum Ad’ , sebagian orang mungkin sudah sedikit mengetahuinya, khususnya umat Muslim. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan mereka pernah disebutkan dalam kitab suci Al-Quran.

Melihat riwayatnya, kaum Ad termasuk dalam suku kuno yang konon pernah mendiami wilayah Yaman . Mereka dikisahkan sebagai bangsa yang memiliki peradaban maju dibandingkan kaum atau bangsa lainnya.

Saat itu, kaum Ad dikenal sebagai bangsa yang bisa menciptakan bangunan luar biasa dan belum pernah dibuat negeri lain. Sayangnya, mereka menjadi tersesat dan memilih menyembah berhala.



Menyikapi hal ini, diutuslah Nabi Hud untuk membawa mereka kembali ke jalan yang benar. Namun, bangsa Ad tak kunjung beriman dan harus berakhir dengan azab pemusnahan.

Lebih lanjut, kaum Ad banyak dipercaya sebagai manusia raksasa yang memiliki tubuh besar dan kuat. Dengan peradaban maju yang dimiliki kala itu, mereka juga disebut bisa membuat bangunan-bangunan langka, termasuk Piramida.

Lantas, seperti apakah sebenarnya ciri-ciri fisik kaum Ad sehingga dikatakan sebagai bangsa raksasa?

Ciri Fisik Kaum Ad

Secara rinci, memang belum banyak ditemukan penggambaran atau ciri fisik detail dari kaum Ad. Meskipun demikian, terdapat beberapa sumber informasi yang setidaknya bisa diambil untuk mengetahuinya.

Pada sebuah buku berjudul “Kisah Penciptaan dan Tokoh-tokoh Sepanjang Zaman” karya Syaikh Muhammad bin Ahmad bin Iyas yang telah diterjemahkan oleh Abdul Halim, mengutip pendapat Ka’ab al-Ahbar menyebutkan bahwa nabi yang diutus setelah Nuh AS adalah Nabi Hud AS.

Menurut Wahab bin Munabbih, Hud ini juga termasuk bagian dari kabilah ‘Ad. Mereka adalah orang-orang Arab yang menempati al-Ahqaf, sebuah pegunungan pasir yang terletak di daerah Yaman antara Oman dan Hadramaut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)