Jaga Marwah Sepak Bola Indonesia, Erick Thohir Benahi JIS Sesuai Permintaan FIFA

Kamis, 27 Juli 2023 - 17:01 WIB
loading...
Jaga Marwah Sepak Bola Indonesia, Erick Thohir Benahi JIS Sesuai Permintaan FIFA
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir tengah bekerja ekstra keras dalam menjaga marwah sepak bola Indonesia sebagai negara penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 pada bulan November hingga Desember mendatang / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir tengah bekerja ekstra keras dalam menjaga marwah sepak bola Indonesia sebagai negara penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 pada bulan November hingga Desember mendatang. Orang nomor satu di PSSI ini ingin penyelenggaraan turnamen sepak bola tertinggi generasi muda di dunia tersebut berjalan dengan maksimal dan meninggalkan kesan baik di mata komunitas internasional.

Karenanya, Erick Thohir bersama PSSI berupaya maksimal untuk memenuhi permintaan FIFA agar suprastruktur dan infrastruktur penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dalam kondisi maksimal. Salah satu permintaan FIFA yang ditindaklanjuti oleh Eks Presiden Inter Milan tersebut adalah membenahi kondisi Jakarta Internasional Stadium (JIS) sesuai permintaan FIFA yang tertulis dalam surat resminya.

FIFA secara resmi meminta Erick Thohir bersama PSSI untuk membenahi kondisi JIS sebagai salah satu stadion yang dipakai untuk penyelenggaraan Piala Dunia–17. Kondisi JIS yang menjadi sorotan dalam surat FIFA adalah kondisi rumput yang kurang memadai untuk dipergunakan pada pagelaran sepak bola mendatang.



"Alhamdulillah tanggal 20 Juli kita sudah menerima surat dari FIFA. Beberapa catatan yang harus segera kita tindak lanjuti sebelum FIFA mengecek tanggal 28 (Juli) sampai 2 Agustus rencananya. Dan tentu karena surat tersebut saya juga melayangkan surat kepada Bapak Menpora, untuk tanggal 24 Juli untuk segera mulai mengirim surat kepada PUPR, untuk renovasi yang diperlukan sesuai dengan catatan FIFA dan memang mereka akan turun ke lapangan mengecek sekali lagi," tutur Erick Thohir dalam keterangan persnya, Kamis (27/7/2023).

Dalam surat resmi FIFA yang ditandatangani oleh Manajer Lapangan Senior FIFA, Alan Ferguson tertanggal 20 Juli 2023, organisasi tertinggi sepak bola dunia tersebut menekankan beberapa perhatian soal stadion penyelenggaraan. Surat tersebut diawali dengan permintaan pergantian Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta yang tak bisa digunakan.

Seperti diketahui, SUGBK tak bisa digunakan karena akan digunakan sebagai venue konser Coldplay. Karenanya, JIS yang berlokasi di Jakarta ditunjuk menjadi stadion pengganti. Kemudian isi surat dilanjutkan dengan FIFA yang menyoroti jenis rumput yang digunakan oleh JIS.



Menurut FIFA, rumput yang digunakan oleh JIS kurang layak untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Hal ini lantaran JIS menggunakan tipe rumput Zoysia yang memiliki waktu pemulihan lambat.

"Di Indonesia, tipe rumput adalah Zoysia dan pemulihannya sangat lambat, pimpinan saya menyoroti faktor itu akan membuat permukaan yang buruk di Stadion JIS," tulis FIFA dalam surat resminya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3244 seconds (0.1#10.140)