Preview Pusamania Borneo FC vs Arema Cronus: Ujian Stamina Singo Edan

Minggu, 11 Desember 2016 - 08:04 WIB
Preview Pusamania Borneo FC vs Arema Cronus: Ujian Stamina Singo Edan
Preview Pusamania Borneo FC vs Arema Cronus: Ujian Stamina Singo Edan
A A A
SAMARINDA - Stamina bisa menjadi problem utama Arema Cronus saat tandang ke Samarinda. Minimnya masa recovery menjadi salah satu aspek kurang menguntungkan Singo Edan saat menantang Pusamania Borneo FC (PBFC) pada pekan ke-33 Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 di Stadion Segiri, Minggu (11/12/2016).

Singo Edan tidak punya banyak waktu menarik napas setelah mengalahkan Sriwijaya FC pada Kamis (8/12/2016) lalu. Masa recovery masih terpotong waktu perjalanan dari Malang ke Samarinda pada Jumat (9/12/2016) yang menyita waktu sehari penuh. Sedangkan pada Sabtu (10/12/2016) langsung pada persiapan pertandingan di Stadion Segiri.

Kondisi itu sangat jauh jika dibandingkan dengan jadwal PBFC yang terakhir bertanding pada Senin (5/12/2016) kontra PS TNI. Dengan kondisi stamina yang jauh berbeda, Arema terancam tidak bisa bermain dengan kualitas terbaik jika gagal mengatasi masalah fisik mereka.

Belum lagi tim asuhan Milomir Seslija harus mengatur strategi dengan absennya Esteban Vizcarra karena akumulasi kartu kuning. Situasi yang tidak mudah bagi anak-anak Kota Apel dalam misi memburu kemenangan sekaligus mengincar gelar juara.

"Kami harus mengatasi problem pendeknya masa recovery, karena dari pertandingan lawan Sriwijaya FC dengan Pusamania hanya berjarak dua hari. Saya lihat pemain masih sangat bersemangat dan tidak berpikir soal kelelahan karena ini pertandingan yang sangat penting," tutur Milomir Seslija.

Pelatih asal Bosnia ini terus mengobarkan semangat bertanding para pemainnya. Maklum, pertandingan ini sangat krusial dan bahkan bisa menjadi penentu langkah Arema menuju podium juara. Milo sekaligus menginstruksikan agar timnya tidak merasa terbebani di laga ini.

"Semua tahu ini pertandingan penting dan Arema dituntut untuk menang, namun saya tidak ingin tim menjadi tertekan. Kami harus enjoy dan fokus pada performa kami sendiri. Bermain bagus sudah menjadi kewajiban karena Pusamania sedang dalam kondisi bagus," beber Milo.

Sedangkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Esteban Vizcarra, kemungkinan Dendi Santoso dan Arif Suyono akan menjadi pilihan utama. Masih ada Okto Maniani dan Sunarto yang menjadi opsi alternatif di posisi winger atau striker.

Kembalinya Hamka Hamzah cukup membuat lega pertahanan dan pelatih tak perlu melakukan rekayasa. Lini pertahanan bisa diperkuat komposisi terbaik, yakni Syaiful Indra, Goran Gancev, Hamka Hamzah, serta Johan Alfarizie. Kehadiran Hamka juga diharapkan kembali memberi solusi.

Tak dimungkiri dia adalah bek tengah paling tajam di ISC dan beberapa kali menjadi penentu timnya. Hamka pun ingin kembali memberi kontribusi maksimal ketika timnya sangat membutuhkan kemenangan demi menjaga peluang mengejar Persipura Jayapura.

"Target awal saya jelas akan mencegah Arema dari kemasukan gol, sesuai posisi saya sebagai centre back. Soal mencetak gol, saya tidak pernah membuat target khusus. Yang terpenting tim tetap bisa meraih kemenangan," ungkap Hamka, kapten Arema Cronus.

Perkiraan Pemain:

Pusamania Borneo FC (4-3-3): Dian Agus Prasetyo; Zulkifli Syukur, Leonard Tupamahu, Firly Apriansyah, Gerald Pangkali, Ponaryo Astaman, Sultan Samma, Terens Puhiri, Rifa Lastori, Edilson Tavarez, Pedro Javier.
Pelatih: Dragan Djukanovic.

Arema Cronus (4-2-3-1): Ahmad Kurniawan; Syaiful Indra Cahya, Goran Gancev, Hamka Hamzah, Johan Alfarizie; Nick Kalmar, Raphael Maitimo, Juan Revi; Arif Suyono, Cristian Gonzales, Dendi Santoso.
Pelatih: Milomir Seslija.

Dua Pertemuan Terakhir
20-08-2016 Arema Cronus vs Pusamania Borneo FC 1-2
22-12-2015 Arema Cronus vs Pusamania Borneo FC 2-2
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5513 seconds (0.1#10.140)