Premier League Absen Lagi di UEFA Team of the Year 2016

Jum'at, 06 Januari 2017 - 18:31 WIB
Premier League Absen Lagi di UEFA Team of the Year 2016
Premier League Absen Lagi di UEFA Team of the Year 2016
A A A
NYON - Sematan liga terbaik di dunia kepada Premier League tampaknya harus dipertanyakan, setidaknya dalam tiga musim terakhir. Pasalnya, kompetisi Negeri Ratu Elizabeth itu lagi-lagi absen mengirim satu pemainnya masuk line up terbaik di Eropa.

Seperti dikutip situs resmi UEFA, Asosiasi Sepak Bola Eropa telah merilis 11 pemain yang terpilih masuk ke dalam Team of the Year (TOTY) 2016. Pemain yang terpilih dianggap jadi yang terbaik se-Eropa di posisinya.

Metode pemilihannya cukup sederhana. Para pengunjung situs resmi UEFA (uefa.com) dipersilakan memberi voting kepada pemain yang masuk nominasi. Dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Di posisi belakang (bek dan kiper), lima pemain berasal dari tiga liga berbeda. Mereka adalah Gianluigi Buffon (kiper/Juventus), Sergio Ramos (Bek/Real Madrid), Gerard Pique (Bek/Barcelona), Leonardo Bonucci (Bek/Juventus), Jerome Boateng (Bek/Bayern Muenchen).

Sementara di posisi gelandang, pemain La Liga berkuasa. Andres Iniesta (Barcelona), Toni Kroos dan Luca Modric (Real Madrid) dipilih sebagai pemain tengah terbaik.

Sementara di posisi ujung tombak, lagi-lagi striker klub Negeri Matador yang terpilih. Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid) jadi striker terbaik se-Eropa versi masyarakat.

Meski tidak ada trofi atau plakat juara yang diberikan, masuknya mereka ke dalam TOTY 2016 jelas memberi reputasi membanggakan yakni jadi pemain terbaik di posisinya. Selain itu, kebanggan jelas juga dirasakan liga tempat para pemain berkompetisi bersama klub masing-masing.

La Liga boleh berbangga hati musim ini. Mereka mengirim 8 pemain dari 11 slot yang tersedia. Sisanya direbut Serie A Italia dua tempat, dan Bundesliga yang mengirim satu pemain.

Kemana Premier League? Tidak ada satu wakil dari Liga Inggris yang masuk ke dalam TOTY 2016. Pemainnya cuma mampu masuk nominasi, itu pun cuma satu yang diwakili Riyad Mahrez dari Leicester City.

Kegagalan masuk ke dalam TOTY 2016 jadi tahun ketiga beruntun mereka alami sejak 2014. Padahal sebelumnya Premier League cuma sekali absen mengirim wakil yakni pada musim 2012, sejak pemilihan TOTY digelar pada tahun 2001.

UEFA Team of the Year 2016
Gianluigi Buffon (kiper/Juventus)
Sergio Ramos (Bek/Real Madrid)
Gerard Pique (Bek/Barcelona)
Leonardo Bonucci (Bek/Juventus)
Jerome Boateng (Bek/Bayern Muenchen)
Andres Iniesta (Gelandang/Barcelona)
Toni Kroos (Gelandang/Real Madrid)
Luca Modric (Gelandang/Real Madrid)
Lionel Messi (Striker/Barcelona)
Cristiano Ronaldo (Striker/Real Madrid)
Antoine Griezmann (Striker/Atletico Madrid)
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7611 seconds (0.1#10.140)