Hasil Lengkap Kongres PSSI 2017

Senin, 09 Januari 2017 - 16:23 WIB
Hasil Lengkap Kongres PSSI 2017
Hasil Lengkap Kongres PSSI 2017
A A A
JAKARTA - Kongres PSSI telah menghasilkan beberapa keputusan mengenai agenda tim nasional serta jadwal dimulainya kompetisi sepak bola di tanah air pada tahun ini. Itu sebagaimana disampaikan Joko Driyono selaku Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia.

Dalam kongres pertama di bawah kepengurusan baru pimpinan Ketua Umum, Edy Rahmayadi. Ada beberapa keputusan yang diambil, yakni agenda kompetisi sepak bola kasta tertinggi, Divisi Utama, Liga Nusantara, usia muda (U-15), Piala Soeratin (U-17), dan Pertiwi Cup.

Joko Driyono menjelaskan, mengenai jumlah tim yang akan promosi dan degradasi pada akhir musim, masih akan ditentukan. "Mungkin akan terpenuhi dengan baik jika kondisinya sudah seimbang," jelasnya seperti dikutip situs resmi PSSI, Senin (9/1/2017).

PSSI juga berencana akan ada perubahan signifikan mengenai jumlah peserta Divisi Utama untuk musim 2018. "Bila dari 32 klub yang terdaftar untuk Divisi Utama 2017 rencananya akan dipangkas menjadi hanya 24 klub pada musim 2018. Nantinya, dari 24 klub itu akan terbagi dalam dua wilayah," beber Joko.

Selain membeberkan mengenai kompetisi sepak bola tanah air, dalam kongres PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu (8/1) kemarin, menyinggung perihal persiapan tim nasional Indonesia. Kendati demikian, PSSI masih disibukkan dengan daftar kandidat pelatih.

Ada tiga kandidat calon pelatih timnas Indonesia dari mulai Timnas Senior, U-22, U-19 atau U-16. Khusus untuk Timnas Senior pelatihnya akan digabung dengan Timnas U-22. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menyatakan untuk timnas senior dan U-22, akan dilatih pelatih asing. "Kandidatnya ada dua, yakni Luis Fernandez dan Luis Milla," kata Edy.

Edy Rahmayadi menambahkan Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal masuk dalam kandidat terkuat untuk melatih timnas U-19. Sementara untuk timnas U-16, dua calonnya adalah Rudy Eka Priyambada dan Fachri Husaini.

"Kami masih terus matangkan dan pertimbangkan siapa di antara calon itu yang paling pas," ujar Edy.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum PSSI menekankan kepastian perihal pelatih timnas akan diputuskan secepatnya. "Pelatih Timnas Indonesia akan diumumkan satu pekan setelah ini. Semoga bisa dilakukan secepatnya," kata Joko Driyono.

Berikut adalah hasil lengkap kongres PSSI 2017:


1. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi akan dimulai pada 26 Maret 2017
2. Awal April Divisi Utama dimulai
3. Liga Nusantara April di tingkat Asprov
4. Kompetisi usia muda seperti U-15 akan dimulai Februari hingga Mei
5. U-17 alias Piala Soeratin mulai Maret hingga Juni
6. Pertiwi Cup mulai Maret hingga Juni.

Tim nasional Indonesia


U-22

SEA Games 2017 di Kuala Lumpur pada Agustus-September

U-19

Piala AFF 2017 di Myanmar pada September.

U-16

Piala AFF 2017 di Thailand atau Singapura pada Juli.

Timnas Putri Indonesia

Piala AFF Putri 2017 di Thailand pada Juli.

Pemusatan Latihan


U-22

Akan melakukan pemusatan latihan selama kurang lebih satu setengah bulan dari Februari hingga April 2017. Pada Mei hingga Juli, mereka diagendakan melakukan uji coba di Spanyol.

U-16

Akan menjalani pemusatan latihan dari April hingga Juni 2017. Pada bulan Juli, mereka akan bertolak ke Singapura untuk menjalani uji coba.

Timnas Putri

Menjalani pemusatan latihan dalam negeri pada Mei hingga Juni 2017. Pada bulan Juli, mereka akan bertolak ke Singapura untuk menjalani uji coba.

U-19

Melakukan pemusatan latihan pada Juni hingga Agustus 2017. Sebulan kemudian, mereka akan melakukan uji ccoba ke Thailand.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3731 seconds (0.1#10.140)