alexa snippet

Pemain Asal Jepang Ingin Tiru Jejak El Loco

Pemain Asal Jepang Ingin Tiru Jejak El Loco
Shohei Matsunaga kembali memperkuat Persib Bandung. Foto/Sindo/Dede Arip RachmanOris Riswan
A+ A-
BANDUNG - Pemain Persib Bandung asal Jepang, Shohei Matsunaga sudah betah tinggal di Indonesia. Saking nyamannya, ia bahkan memiliki keinginan untuk mengubah statusnya  jadi warga negara Indonesia (WNI).

Matsunaga sudah enam tahun berkarier di pentas sepak bola Indonesia. Pada 2011 lalu, ia datang ke Persib Bandung. Setelah itu eks gelandang Schalke 04 ini melanjutkan karier di Persegres Gresik United dan Persiba Balikpapan. Kini dirinya kembali memperkuat Persib dan rencananya, Matsunaga bakal mengurus proses naturalisasi seperti yang pernah dilakukan Christian 'El Loco' Gonzales beberapa tahun lalu.

"Saya suka main di Indonesia, banyak teman di sini dan saya sudah betah. Ada keinginan juga untuk main bersama Timnas (Indonesia)," ungkap Matsunaga yang dikutip dari situs Persib.

"Jepang memang terlihat begitu indah. Tapi, banyak orang di sana tatapannya seperti kosong. Mereka banyak uang tapi tidak tahu cara menghabiskannya. Kalau di Indonesia punya uang atau tidak, bisa senang," ujarnya.

Matsunaga telah memenuhi satu syarat untuk dinaturalisasi. Ia sudah lima tahun lebih tinggal di Indonesia dan selanjutnya, sang pemain bakal berkomunikasi dengan manajemen Persib.

"Saya sudah bilang juga kepada manajemen keinginan menjadi warga Indonesia. Mereka pun punya niat membantu saya, mudah-mudahan bisa," harapnya.

Jika berhasil, Matsunaga tak hanya mengikuti jejak El Loco. Sejumlah pesepakbola dari luar negeri juga mengikuti proses naturalisasi, sebut saja Greg Nwokolo, Bio Paulin, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo dan Stefano Lilipaly.



(bep)
views: 17.860
loading gif
Top