Resmi Ditutup Gubernur NTB, LIMOFF Hadirkan 900 Koleksi dari 109 Fashion Designer

Selasa, 08 Agustus 2023 - 16:12 WIB
loading...
Resmi Ditutup Gubernur NTB, LIMOFF Hadirkan 900 Koleksi dari 109 Fashion Designer
Resmi Dibuka & Ditutup oleh Gubernur NTB, LIMOFF Sebagai Gelaran Fesyen Skala Internasional yang Pertama di NTB Hadirkan 900 Koleksi dari 109 Fashion Designer. (Foto: dok LIMOFF)
A A A
LOMBOK - Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) telah sukses diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (PemProv) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dekranasda NTB yang berkolaborasi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC), pada tanggal 6-9 Juli 2023 di Merumatta Senggigi Hotel, Lombok, NTB.

LIMOFF merupakan perhelatan fesyen skala internasional yang pertama kalinya digelar di NTB. Festival ini mengintegrasikan berbagai kegiatan, seperti peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, dan pameran standar internasional. Selain fesyen, LIMOFF menjadi ajang promosi sektor industri kreatif unggulan lainnya di NTB, yaitu pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah berkesempatan membuka dan menutupsecara resmi perhelatan LIMOFF 2023 bersama Ketua Dekranasda NTB dan Founder LIMOFF, Niken Zulkieflimansyah. Dengan mengangkat tema “Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market”. LIMOFF merupakan salah satu program yang digiatkan pada masa jabatan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah sebagai wadah untuk mengembangkan industri fesyen dan kreatif lokal, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan mewujudkan NTB sebagai kiblat fesyen muslim nasional.

NTB memiliki potensi wastra berupa tenun yang luar biasa. Hampir seluruh daerah di NTB mempunyai kekhasan sentra-sentra tenun yang berbeda satu sama lain, dan semua berbasis masyarakat, dikerjakan oleh kaum perempuan, dan diwariskan secara turun-temurun oleh leluhurnya.

“Melihat potensi tersebut, NTB sebagai salah satu daerah di bagian timur Indonesia ingin ikut berpartisipasi dalam mewujudkan target pemerintah RI, yaitu menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion di dunia dengan menyelenggarakan LIMOFF. Kami berharap Lombok dan Sumbawa tak hanya menjadi destinasi wisata dan olahraga tingkat internasional saja, tetapi juga menjadi destinasi belanja produk modest fashion dan turunannya yang berkualitas,” ujar Niken Zulkieflimansyah, Ketua Dekranasda NTB, Founder LIMOFF.

Resmi Ditutup Gubernur NTB, LIMOFF Hadirkan 900 Koleksi dari 109 Fashion Designer

LIMOFF hadir sebagai showcase untuk mempromosikan dan merayakan kekayaan budaya NTB melalui potensi karya para kreator sektor fesyen meliputi jenama fesyen dan pengrajin tekstil di NTB ke skala internasional. LIMOFF ditargetkan pula dapat menumbuhkan pelaku-pelaku industri kreatif baru di NTB, melahirkan brand-brand lokal di NTB, sehingga geliat industri fesyen menjadi sektor industri baru di NTB.

Selama empat hari penyelenggaraan, LIMOFF 2023 telah menghadirkan 900 koleksi dari 109 desainer dan jenama fesyen baik lokal, nasional, hingga internasional yang menampilkan ragam gaya modest fashion dengan mengeksplorasi wastra NTB.

LIMOFF menghadirkan guest national designers, antara lain Fomalhaut Zamel, Hannie Hananto, Monika Jufry, Najua yanti, Irna Mutiara, Itang Yunasz, Kami., dan Asri Welas. Berkolaborasi dengan AFDS (Asean Fashion Designers Showcase), LIMOFF turut menampilkan karya dari Asean Designers yaitu Fadzil Hadin dari Brunei, Natacha Van dari Kamboja, Wan Bainun dari Malaysia, Dave Ocampo dari Filipina, dan Hayden Ng dari Singapura.

Dengan menggunakan wastra Indonesia, produk fesyen muslim tanah air memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Tak hanya ditujukan untuk mempromosikan dan memasarkan produk fesyen muslim di NTB, LIMOFF turut mendukung ketersediaan wastra NTB secara berkelanjutan, antara lain melalui pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebanyak 2.023 Penenun Desa Sukarara, Lombok Tengah, di acara “Begawe Jelo Nyesek” atau festival menenun massal.

LIMOFF memberikan kesempatan kepada Dekranasda dari berbagai daerah untuk menampilkan karya fashion designer dalam menggunakan wastra unggulan dari daerahnya, di antaranya adalah Dekranasda Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung x Ariez Offical, Dekranasda Provinsi NTB x Riana Meilia Lombok - NTB Pearls, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta xWignyo, Dekranasda Kabupaten Lombok Timur x Sri Mahyu Wardani Ă— Suri Nurmala Wati Ă— Samira, Dekranasda Lombok Barat x Temy, Dekranasda DIY x Iffah M Dewi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)