Panji Petualang Makin Kurus, Ini Alasan Penderita Diabetes Bisa Turun Berat Badan Drastis

Rabu, 09 Agustus 2023 - 14:14 WIB
loading...
Panji Petualang Makin Kurus, Ini Alasan Penderita Diabetes Bisa Turun Berat Badan Drastis
Panji Petualang dikenal lewat aksinya berinteraksi dengan ular kobra. Lama tak muncul di layar kaca, kini tubuh Panji terlihat semakin kurus. Foto/Instagram Panji Petualang
A A A
JAKARTA - Panji Petualang dikenal lewat aksinya "berinteraksi" dengan ular kobra. Lama tak muncul di layar kaca, kini tubuh Panji terlihat semakin kurus.

Sebelumnya Panji Petualang sempat dikabarkan digigit oleh King Kobra peliharaannya. Namun, baru-baru ini ia mengaku tengah mengidap diabetes. Penyakit itulah yang membuatnya kehilangan berat badan cukup banyak.

Lantas, apa yang menyebabkan penderita diabetes bisa kurus mendadak? Berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (9/8/2023).



Penurunan berat badan secara tiba-tiba dan tidak disengaja bisa menjadi tanda peringatan diabetes atau sebuah kondisi medis lain yang mendasarinya. Berat badan biasanya ditentukan oleh sejumlah faktor seperti usia, asupan kalori, dan kesehatan secara keseluruhan. Ketika seseorang mencapai usia paruh baya, berat badan akan relatih stabil dari tahun ke tahun.

Diabetes dan Penurunan Berat Badan Drastis

Pada penderita diabetes, insulin yang tidak mencukupi mencegah tubuh memasukkan glukosa dari darah ke sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Saat ini terjadi, tubuh mulai membakar lemak dan otot untuk energi, sehingga menyebabkan penurunan berat badan secara keseluruhan.

Penurunan berat badan yang tidak terduga sering terlihat pada orang sebelum diagnosis diabetes tipe 1, tetapi juga dapat memengaruhi orang dengan diabetes tipe 2.


Berapa Banyak Penurunan Berat Badan yang Perlu Dikhawatirkan?

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan terjadi ketika Anda kehilangan bobot yang signifikan tanpa perubahan pola makan, olahraga, atau gaya hidup lainnya.

Penyusutan berat badan secara drastis ketika ada penurunan 4,5 kg atau lebih selama periode enam sampai 12 bulan.

Gejala Lain

Gejala diabetes sering kali sulit diketahui dan terjadi secara bertahap. Penurunan berat badan hanyalah salah satu indikator yang mungkin terjadi.

Merasa Haus, lapar, dan buang air kecil berlebihan adalah tanda yang sering terjadi pada penderita diabetes. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan, mual, sakit kepala, pusing, bernapas dengan cepat, hingga pingsan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8052 seconds (0.1#10.140)