Jadwal Tinju Dunia Emmanuel Rodriguez vs Melvin Lopez: Sabuk Terakhir Kelas Bantam

Kamis, 10 Agustus 2023 - 16:16 WIB
loading...
Jadwal Tinju Dunia Emmanuel Rodriguez vs Melvin Lopez: Sabuk Terakhir Kelas Bantam
Jadwal Tinju Dunia Emmanuel Rodriguez vs Melvin Lopez: Sabuk Terakhir Kelas Bantam/Boxeo Mundial
A A A
Jadwal tinju dunia Emmanuel Rodriguez vs Melvin Lopez akan memperebutkan sabuk kelas bantam terakhir yang ditinggalkan Monster KO Naoya Inoue yang naik kelas bantam super. Duel Emmanuel Rodriguez vs Melvin Lopez yang memperebutkan sabuk kelas bantam IBF lowong akan mengguncang MGM National Harbor, akhir pekan ini.

Emmanuel Rodriguez yang memiliki rekor (21-2, 13 KO) dari Puerto Rico akan berusaha merebut gelar juara dunia keduanya, saat ia berhadapan dengan petinju berusia 25 tahun asal Nikaragua, Melvin Lopez (29-1, 19 KO). Lopez telah menang delapan kali berturut-turut sejak kalah KO dari Jose Velasquez.



Rodriguez menang dua kali beruntun dan memasuki salah satu kemenangan terbaik dalam kariernya. Bulan Oktober lalu, Rodriguez memberikan kekalahan pertama bagi Gary Antonio Russell, dengan menggoyahkannya berkali-kali dan menjatuhkan Russell di ronde kedelapan. Itu adalah laga kedua antara keduanya, yang pertama berakhir sebelum ronde pembuka dapat diselesaikan setelah beradu pukulan.

Laga kedua berhasil mencapai ronde kesepuluh sebelum berakhir dengan cara yang sama. Dalam sekuel ini, Rodriguez memiliki cukup banyak ronde. Itu adalah sebuah kemenangan yang hampir saja terjadi. Kemenangan terdekat yang sebanding dengan Rodriguez adalah kemenangan split decision atas Jason Moloney untuk mempertahankan gelar IBF pada tahun 2018.

Bagi Rodriguez, kesempatan ini memberinya kesempatan untuk menyelesaikan kebangkitannya dari sepasang kekalahan beruntun yang mengancam karirnya. Kekalahan pertama, di ronde kedua di tangan Naoya Inoue pada semifinal World Boxing Super Series, secara brutal membuat Rodriguez kehilangan gelarnya.

Setelah lebih dari satu tahun tidak naik ring, Rodriguez kembali menghadapi Reymart Gaballo yang tak terkalahkan. Pertarungannya biasa-biasa saja, dan sebagian besar orang merasa Rodriguez telah melakukan cukup banyak hal untuk menang. Namun para juri tidak setuju dan Gaballo melanjutkan pertarungan melawan Nonito Donaire untuk memperebutkan sabuk WBC. Itu terjadi hampir tiga tahun yang lalu.

Rodriguez mungkin tidak akan mau menunggu tiga tahun lagi untuk kembali ke sini lagi. Sebaliknya, Lopez memiliki kesempatan perebutan gelar pertama dalam delapan tahun karir profesionalnya. Sesuatu harus ada yang mengalah.



Terlepas dari bagaimana hasilnya akhir pekan ini, kelas bantam yang telah diubah akan ditentukan. Ini telah menjadi cerminan dari apa yang telah terjadi dan apa yang akan datang. Masih ada seorang Inoue yang memiliki kemampuan di kelas ini, hanya saja ia tidak terlalu eksplosif.

Kakak Naoya, Takuma (18-1, 4 KO), memenangkan sabuk WBA pada bulan April lalu melalui kemenangan angka atas petinju veteran Liborio Solis. Moloney (26-2, 19 KO) menambahkan gelar utama pertamanya, WBO, pada bulan Mei dengan mengungguli Vincent Astrolabio yang sedang naik daun.

Hanya dua minggu yang lalu, gelar baru ketiga dimahkotai oleh Alejandro Santiago (28-3-5, 14 KO) yang memaksa Donaire untuk pensiun dengan sebuah keputusan angka yang menentukan. Dengan kemenangan akhir pekan ini, Rodriguez kemungkinan akan dianggap sebagai pemimpin dalam jajaran perebutan gelar ini, serta menjadi tanda betapa dominannya Inoue di dalam divisi ini.

Kelas bantam telah berlangsung selama lima puluh tahun tanpa seorang juara tak terbantahkan, dan hampir empat puluh tahun sebelum Fernando Montiel-Hozumi Hasegawa bahkan berhasil melakukan sebuah laga unifikasi.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)