Penyintas Ungkap Kengerian Kebakaran Hutan Hawaii: Lompat ke Air atau Terbakar!

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 19:12 WIB
loading...
Penyintas Ungkap Kengerian Kebakaran Hutan Hawaii: Lompat ke Air atau Terbakar!
Sejumlah penyintas mengungkapkan kengerian kebakaran hutan Hawaii. Foto/Sky News
A A A
KAHALUI - Kelas di Sekolah Menengah Maui, Hawaii , ditiadakan. Lorong-lorong sekolah dipenuhi oleh orang-orang yang telah dievakuasi, melarikan diri dari kebakaran terburuk yang melanda Amerika Serikat (AS) selama bertahun-tahun.

Gimnasium telah berubah menjadi tempat berlindung, dengan keluarga berkerumun di sudut-sudut ruangan di bawah selimut, dan lapangan olah raga berubah menjadi lautan tempat tidur kemah.

Di belakang gedung, sukarelawan menyajikan sup dan nasi Hawaii dari nampan perak besar. Bangku diatur di sekitar layar besar yang menampilkan berita lokal yang bergulir, mendokumentasikan meningkatnya jumlah kematian.

Sebagian besar orang di sini adalah turis atau penduduk lokal dari kota Lahaina, yang dilenyapkan saat kebakaran melanda Maui pada hari Selasa.

Di sini, trauma berinteraksi dengan kisah bertahan hidup yang luar biasa.

Ydriss Nouara dan tetangganya Damon McDonough melompat ke laut untuk menghindari kobaran api yang melanda Lahaina. Mereka menghabiskan tiga jam berpegangan di dermaga sebelum diselamatkan oleh kapal penjaga pantai.

"Itu neraka," kata Ydriss. "Neraka di bumi, sungguh," sambungnya seperti dikutip dari Sky News, Jumat (11/8/2023).

Pasangan itu sama-sama meninggalkan rumah mereka di tengah Lahaina ketika kebakaran hutan yang terlihat di puncak bukit dengan cepat mulai bergerak ke arah mereka, dipercepat oleh angin topan berkecepatan 800 mil di lepas pantai.

"Saat itu sore tapi langit hitam karena asap," kata Damon.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)