Liga Indonesia

Utang Diego Mendieta lunas!

Ridwan Anshori

Rabu,  12 Desember 2012  −  12:18 WIB
Utang Diego Mendieta lunas!
Logo Persis Solo/ Pasoepati.net

Sindonews.com - Utang mantan striker Persis Solo versi Liga Indonesia, Diego Mendieta akhirnya semua terlunasi. Adalah kelompok suporter setia tim kebanggaan publik Kota Bengawan, Pasoepati yang melunasi hutang pemain asal Paraguay itu. Pasoepati juga mentranster Rp21 juta untuk istri Diego di kampuang halamannya.

Puncak penggalangan dana dilakukan Pasoepati bertepatan dengan peringatan tujuh hari meninggalnya pemain bernama lengkap Diego Antonio Mendieta Romero. Acara tersebut dipusatkan di Mess Persis Solo versi Liga Indonesia yang terletak di Kompleksi Stadion R Maladi, Solo. Total penggalangan dana yang sudah dilakukan sejauh ini terkumpul hampir Rp25 juta.

Menteri Sosial Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pasoepati Muhammad Badres mengatakan, dana yang terhimpun sudah didistribusikan kepada pihak yang diutang Diego. "Untuk membayar biaya nunggak kost Rp2,2 juta, hutang kepada penjaga mess Rp400 ribu, warung makan depan mess Rp1 juta dan hutang pulsa Rp100 ribu. Semuanya sudah lunas dibayarkan," katanya, Rabu (12/12/2012).

Sisa uang hasil penggalangan dana juga dikirim ke rekening istri Diego, Valerina Alvarez di Paraguay. Uang yang dikirim untuk istri Diego cukup besar, Rp21 juta atau setara dengan gaji Diego di Persis selama satu bulan.

Diego terpaksa berhutang kepada sejumlah pihak karena gajinya sebagai pesepakbola profesional tertunggak selama 4 bulan. Hak-hak Diego yang tertunggak sampai maut menjemput sebesar Rp131 juta. Rinciannya tunggakan 4 bulan sebesar Rp84 juta (Rp21 juta x 4 bulan) serta kekurangan dari uang muka kontrak Diego Rp47 juta.

Sekjend Pasoepati Anwar Sanusi menambahkan, penggalangan dana kepada Diego merupakan bentuk kepedulian terhadap pemain Persis Solo. "Kami tahu, di Solo ada dua Persis, yakni Persis versi LPIS dan versi LI. Kita punya kepedulian terhadap kedua Persis. Saat pelatih Persis Solo versi LPIS (Juanedi) meninggal pada pertengahan April lalu, kita juga menggalang dana untuk keluarga yang ditinggalkannya," kata dia.


 

(akr)

shadow