Asia Pasifik

Hacker pembobol bank-bank AS ditangkap di Bangkok

Hacker pembobol bank-bank AS ditangkap di Bangkok
Hamza Bendelladj

Sindonews.com - Seorang hacker komputer asal Aljazair, Hamza Bendelladj (24), yang selama ini dicari-cari oleh FBI, ditangkap di Bangkok, Thailand, Senin (7/1/2013). Bendelladj dituduh telah mencuri jutaan dolar dari bank-bank di Amerika Serikat (AS).

Bendelladj ditangkap di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, sesaat setelah tiba dari Malaysia. Semula, Bendelladj akan melanjutkan penerbangan ke Kairo, Mesir.

Saat ditangkap, Bendelladj tampak tenang, meski bayangan ekstradisi ke AS sudah ada di depan mata. Dengan tangan diborgol, ia mengumbar senyum pada para fotografer yang menantinya. Bendelladj mengaku, uang yang dicurinya telah habis untuk foya-foya.

"Ketika ditanya apa yang ia lakukan dengan uang itu, dia bilang bahwa uang itu dihabiskan untuk jalan-jalan dan hidup mewah. Ia mengaku selalu terbang dengan menggunakan fasilitas first class dan menginap di tempat-tempat mewah,” jelas Kepala Polisi Imigrasi Bangkok, Phanu Kerdlabphol, seperti dikutip dari Iol.co.za.

FBI telah menelusuri Bendelladj sejak 4 tahun lalu. Saat itu, ia mulai melakukan pembobolan pada bank-bank di AS. "Dia mengaku telah membobol beberapa bank di AS. Dalam satu kali aksinya, ia bisa mencuri USD10 juta,” ujar Phanu.


(esn)

views: 1.372x
shadow