Basket

NBL Indonesia All-Star 2013

24 pemain terpilih di laga bintang

Andika Pratama

Senin,  10 Juni 2013  −  16:22 WIB
24 pemain terpilih di laga bintang
Logo NBL Allstar-DBL Indonesia

Sindonews.com - Sebanyak 24 pemain akan berlaga dalam Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia All-Star 2013, yang akan dilangsungkan di DBL Arena Surabaya, 29 Juni mendatang. PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku pengelola liga mengumumkan secara resmi nama-nama pemain yang akan tampil dalam laga bintang tersebut.


Ke-24 pemain tersebut dibagi dalam dua tim, Red All-Star dan Blue All-Star. Untuk memilih anggotanya, 12 tim peserta NBL Indonesia dibagi dalam dua kelompok, mengikuti tradisi format "ular" di klasemen, yang biasa dipakai untuk pembagian grup pada Preseason Tournament. 

Tim Blue All-Star diperkuat beberapa pemain pilihan dari tim penghuni peringkat teratas final standings Speedy NBL Indonesia 2012-2013, Dell Aspac Jakarta. Disusul oleh pemain pilihan dari Stadium Jakarta (peringkat ke-4), Satria Muda BritAma Jakarta (5), Bimasakti Nikko Steel Malang (8), Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga (9), dan Tonga BSC Jakarta (12).

Rastafari Horongbala, penerima gelar Coach of The Year, sekaligus pelatih yang sukses mengantarkan Dell Aspac Jakarta merebut champion musim ini,bakal mengarsiteki tim Blue All-Star bersama Abdurrachman Padang (Stadium Jakarta. 
Sedangkan tim Red All-Star diarsiteki duet pelatih muda, Antonius Ferry Rinaldo Sinaga (Garuda Kukar Bandung) dan Aprijadi (Hangtuah Sumsel IM). Tim ini diisi pemain pilihan dari runner-up Speedy NBL Indonesia 2012-2013 (Pelita Jaya Energi-MP Jakarta), Garuda Kukar Bandung (3), CLS Knights Surabaya (6), Hangtuah Sumsel IM (7), Pacific Caesar Surbaya (10), dan NSH GMC Riau (11).

Berbeda dengan edisi sebelumnya dimana para pemain yang tampil dalam laga All-Star ini dipilih oleh penggemar lewat voting di situs resmi NBL Indonesia, kali ini pemilihan dilakukan oleh PT DBL Indonesia selaku pengelola liga.

”Tahun ini, kami memilih menggunakan hasil statistik dan voting pelatih, yang juga kami gunakan untuk menentukan Most Valuable Player dan beberapa gelar lain. Kami tinggal memilih berdasarkan posisi para pemain. Mereka yang punya poin tertinggi di posisinya, merekalah yang terpilih. Kecuali kalau mereka cedera atau punya alasan yang tidak bisa ditinggalkan, baru digantikan oleh pemain di urutan berikutnya,” jelas direktur PT DBL Indonesia, commissioner NBL Indonesia, Azrul Ananda dalam rilis yang diterima sindonews.com, Senin (10/6)

Di antara mereka yang terpilih, terdapat tujuh pemain yang masuk Pelatnas Timnas Bola Basket Indonesia proyeksi SEA Games Myanmar 2013. Di tim Blue All-Star terdapat lima pemain sekaligus, yakni duo guard Dell Aspac Jakarta Andkara Prastawa Dhyaksa dan Xaverius Prawiro, Yanuar Dwi Priasmoro dan Bima Rizky Ardiansyah (Bimasakti Nikko Steel Malang), serta Galank Gunawan (Satria Muda BritAma Jakarta).Sedangkan di tim Red All-Star ada Kelly Purwanto (Pelita Jaya Energi-MP Jakarta) dan Rachmad Febri Utomo (CLS Knights Surabaya).

Rencananya pula pertandingan All-Star tersebut akan dimeriahkan oleh kehadiran dua pemain eks bintang NBA. Namun siapa yang akan diundang, masih dirahasiakan. Detail sekaligus nama-nama eks bintang NBA itu akan diumumkan dalam waktu dekat.

 

(dka)

shadow