Liga Italia

Klub Italia harus beri kesempatan lebih banyak untuk pemain muda

Andika Pratama

Rabu,  19 Juni 2013  −  10:01 WIB
Klub Italia harus beri kesempatan lebih banyak untuk pemain muda
Pemain Italy u21 di Euro u21

Sindonews.com - Kegagalan timnas Italua U-21 di Euro U-21 2013 di Israel membuat presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Giancarlo Abete angkat bicara. Menurutnya, klub-klub Italia harus memberikan kesempatan lebih banyak buat pemain muda Italia.

Di Euro U-21 tahun ini, sebagian besar skuad Azzurrini diisi oleh pemain yang berasal dari Serie B. Hanya beberapa nama seperti Lorenzo Insigne, Alessandro Florenzi, Ciro Immobile, Marco Veratti, dan Fabio Borini yang merumput di kasta teratas liga

Sementara itu, skuat Spanyol diisi oleh pemain-pemain yang berkarier di sejumlah klub besar Eropa dan beberapa dari mereka sudah menjadi pemain inti. Sebut saja Alvaro Morata (Real Madrid), Martin Montoya, Marc Bartra, Thiago Alcantara, Christian Tello (Barcelona), hingga David De Gea (Manchester United).

Untuk itu, ia meminta kepada klub Italia memaksimalkan para pemain muda mereka. Sehingga para pemain memiliki pengalaman yang cukup menghadapi turnamen sekelas Euro U-21.

"Kami harus puas dan berpikir jernih dalam mengevaluasi apa yang terjadi. Spanyol jelas lebih kuat dan pantas meraih kemenangan," kata Abete kepada Rai Sport seperti dilansir Football Italia.

"Jelas kita tidak bisa memaksakan aturan kepada klub, tapi kami bisa meminta kepada mereka untuk lebih banyak memberikan kesempatan kepada pemain muda," sambungnya.

"Bagaimanapun, di level U-21 kami ada di posisi kedua di bawah Spanyol, yang luar biasa. Spanyol berinvestasi di akademinya lebih dari yang kami lakukan dan perbedaannya jelas di kualitas individu. Mereka punya pemain yang sudah reguler ada di skuat senior," pungkasnya.

 

(dka)

shadow