Liga Indonesia

Timnas Indonesia v Semen Padang

Nil bongkar pasang formasi striker

Rabu,  23 Januari 2013  −  21:56 WIB
Nil bongkar pasang formasi striker
Para penggawa Timnas saat berlatih di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam/Syukri Amal/Koran Sindo

Sindonews.com - Uji coba Timnas Indonesia dengan Semen Padang besok sore sangat krusial. Pertandingan itu diharapkan bisa memantau pertahanan dan penyerangan Timnas. Kendati berharap bisa memenangkan laga, hal itu diharapkan menjadi motivasi pemain untuk tampil sebaik-baiknya.
 
"Menang itu keinginan, tim harus punya motivasi menang. Keinginan itu harus membuat kami memunculkan permainan sungguh-sungguh. Hasilnya kami serahkan ke Allah. Jangan bilang harus menang lawan Semen Padang, Allah bisa marah, tapi kami harus tanamkan keinginan itu. Proses itu harus dijaga," ungkap pelatih Timnas Indonesia Nil Maizar, Rabu (23/1).
 
Sisi positifnya, Nil yang notabene eks pelatih tim yang sekarang dibesut Jafri Sastra itu punya pengetahuan luas soal karakter permainan Edward Junior Wilson dkk. Strategi menghadapi mantan anak buahnya itu tentu akan dilakoni berdasarkan adaptasi kekuatan dan kelemahan lawan.

Ada hal menarik soal strategi yang bakal diusung. Pada sesi latihan tadi, duet penyerang, Vendry Mofu dan Andik Vermansyah diplot bergantian melakukan sentuhan akhir. Kendati menurut Nil Maizar formasi tersebut belum tentu jadi pakem lini depan, dipastikan keduanya menjadi pilihan utama.

"Saya tidak bisa bilang itu, nanti Anda kan mungkin bisa melihatnya sendiri. Tapi memang gambaran secara umumnya begitu, kami akan maksimalkan Andik dan Mofu di posisi itu. Tapi apakah mereka yang akan dipasang di depan besok, kan belum tahu. Bisa jadi itu hanya trik atau tipuan saya saja," ungkapnya.

 Irfan Bachdim yang tak kunjung hadir membuat Nil juga harus memplot striker pengganti. Di posisi Andik, Mofu yang juga merupakan anak asuhannya di Semen Padang akan dimaksimalkan sebagai pengganti Irfan.
 
"Striker sudah saya konsep. Mudah-mudahan Andik dan Mofu bisa dimaksimalkan. Mofu kami posisikan seperti Irfan Bachdim, Andik nanti bisa digantikan sama Okto dan Hendra Bayauw," bebernya

 Formasi lini depan anyar bakal melakukan debutnya, namun lini belakang malah menjadi sorotan karena salah satu pilarnya, Hamdy Ramdan tidak ikut berlatih kemarin. Jika tidak pulih hingga hari ini, kekuatan lini belakang timnas akan berkurang, walau Nilmaizar yakin pemainnya akan pulih segera. "Hamdy Ramdan kakinya sakit. Tapi kami yakin besok dia bisa main," ucapnya optimistis.

Soal formasi baru Nil Maizar, Vendry Mofu mengaku, formasi lini depan anyar yang menjadi skema timnas tidak membuatnya panik. Di Semen Padang musim lalu, dirinya juga sesekali menjadi pengisi lini tersebut. "Saya tidak masalah dijadikan striker bersama Andik, karena di Semen Padang saya juga sudah beberapa kali jadi striker," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Teknik Semen Padang, Suhatman Imam yang membawa 18 pemain ke Lubukpakam, mengatakan, menghadapi timnas merupakan salah satu ujicoba dalam agenda persiapan skuad besutannya menghadapi tiga kompetisi yang bakal digelar. Tiga target, pemantauan pertahanan dan lini serang, peningkatan kepercayaan diri pemain dan kemenangan membuat pemainnya akan bermain total.

 "Kami dalam rangka uji coba kesiapan tim dalam kompetisi, Liga Champions Asia (AFC) serta community shield. Walau banyak pemain yang engggak hadir seperti Hengky Ardiles, Elie Aiboy, David Pagbe dan Nico Malau, kami akan memberikan permainan yang menghibur dan memberi perlawanan kepada timnas," tegasnya.


(aww)

views: 999x
Bagikan artikel ini :
shadow