Kursi jumbo di Piala Dunia 2014

Minggu, 03 Maret 2013 - 06:57 WIB
Kursi jumbo di Piala Dunia 2014
Kursi jumbo di Piala Dunia 2014
A A A
Sindonews.com - Biasanya,kursi yang mengelilingi lapangan hijau di stadion sepak bola memiliki ukuran standar untuk satu penonton.Namun,panitia Piala Dunia 2014 Brasil dan Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) tengah mengonstruksi kursi yang lebih lebar.

Kebijakan ini ditujukan untuk kenyamanan para pencinta sepak bola yang memiliki ukuran badan yang lebih besar. Dengan adanya kebijakan ini, para penonton yang memiliki berat badan “luar biasa”dapat duduk dengan betah menyaksikan jagoan mereka berlaga.Namun,hal itu harus mereka bayar dua kali lipat. Sebab,harga karcis rata-rata untuk kursi superlebar dipatok 38 pounds (sekitar Rp553.000),bandingkan dengan kursi biasa yang bernilai 19 pounds.

Kursi unik ini diyakini bisa menahan bobot badan seberat 254 kg,sedangkan kursi biasa hanya mampu menopang 125 kg. Rencananya,kursi ini akan dipasang di enam stadion yang akan memanggungi laga Piala Dunia 2014.Sampai saat ini hanya Stadion Castelao yang sudah memasang sekitar 1.675 kursi bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Berdasarkan data yang dilansir FIFA dalam laman resminya,ada tiga tipe kursi yang disediakan pihak penyelenggara Piala Dunia 2014,yakni bagi mereka yang menggunakan kursi roda,bagi mereka yang kelebihan berat badan,dan untuk fans yang memiliki keterbatasan mobilitas. Dari 63.903 kursi yang ada di Castelao,335 kursi telah dirancang bagi pengguna kursi roda,120 kursi bagi “obesitas”,1,220 bagi yang memiliki gangguan mobilitas,dan sisanya bagi orang “normal”. Namun,inisiatif ini belum bisa diterapkan di semua stadion.

Pasalnya,empat dari enam stadion yang akan dipakai untuk konfederasi masih dalam tahap pembangunan.Bahkan,pekerjaan ini sempat tertunda pekan lalu karena para pekerja “mogok” kerja.Mereka menuntut pihak panitia Piala Dunia menaikkan upah,jatah makan,dan asuransi kesehatan keluarga mereka.Hal ini tentu saja membuat panitia Piala Dunia menjadi geram karena mereka tengah tertekan deadline yang ketat.

Kendati dihambat beberapa masalah,pihak penyelenggara yakin proses pembangunan stadion ini akan rampung pada 31 Desember 2013.Sebab,mereka sudah mengantisipasi hal ini dengan mencanangkan tiga kali shift dalam satu hari.Selain itu, Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke juga mengatakan tiga pekan yang lalu tidak akan memberi lagi toleransi. “Kami tidak bisa meneruskan pembangunan ini jika melebihi tanggal 31 Desember.Tak mungkin ada penundaan lebih lanjut. Semua stadion harus sudah siap,” ujarValcke,dilansir Daily Mail
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9304 seconds (0.1#10.140)