Liga Indonesia

Eksekusi bola mati PSIS nggak menakutkan

Kamis,  30 Mei 2013  −  14:07 WIB
Eksekusi bola mati PSIS nggak menakutkan
Pemain PSIS menjalani sesi latihan di Stadion Jatidiri/Andik Sismanto/Koran Sindo

Sindonews.com - Eksekusi bola-bola mati terutama tendangan bebas yang dilakukan oleh penggawa PSIS Semarang masih lemah. Mahesa Jenar belum memiliki eksekutor yang benar-benar menakutkan bagi lawan.

 
Terbukti, dari 11 kali pertandingan yang telah dijalani dan puluhan peluang membuat gol dari bola-bola mati di mulut gawang lawan, belum mampu dimanfaatkan dengan baik. Tercatat PSIS baru satu kali berhasil melesakan gol dari bola mati, yakni melalui kaki pemain belakang, Nurul Huda saat PSIS menang 2-1 atas tuan Persitema Temanggung pada putaran pertama lalu di stadion Bhumi Phala Temanggung.
 
Pelatih PSIS Firmandoyo, sebenarnya sudah menunjuk tiga pemain sebagai eksekutor bola-bola mati di mulut gawang lawan. Yakni Imral”Korea” Usman, untuk sektor kiri, Ronald Fagundez sektor kanan dan Nurul Huda untuk wilayah tengah.
 
Namun, sayangnya, selama ini tidak ada sesi latihan khusus untuk melatih ketajaman tendangan bola mati. Latihan hanya sesekali dilakukan, itu pun tidak dalam menu khusus melainkan masuk dalam latihan rutin tim di akhir sesi latihan.
 
Tidak bisa dipungkiri, bola-bola mati bisa menjadi salah satu alternatif untuk merobek gawang lawan. Terlebih, sampai saat ini lini depan PSIS belum mampu menjadi ketajamannya dan belum menakutkan bagi pemain belakang lawan. 
 
General Manajer PSIS Ferdinand Hindiarto mengakui, pasukannya belum maksimal dalam hal bola-bola mati. Dia berharap hal itu, tidak dikesampingkan, terutama ketika nanti pada babak 12 besar. Selama ini hanya Nurul Huda yang memiliki akauraasi tendangan bola mati yang cukup baik. Umpan-umpannya melalui bola mati selalu memanjakan pemain lain. ''Kita harus punya eksekutor yang memang handal dalam memaksimalkan bola-bola mati,” ujarnya.
 
Pelatih PSIS Firmandoyo mengaku, terus mengasah kemampuan pemain. Diapun tal menampik kelemahan pemainnya dalam eksekusi bola mati. Namun, meski begitu, bukan berarti dirinya mengesampingkan peluang dari bola-bola mati. ''Buktinya kemarin kita latihan untuk eksekusi tendangan bebas di depan mulut gawang,” ujarnya.
 
Menurutnya, PSIS memiliki penendang-penendang yang memiliki kualitas cukup baik.Nurul Huda misalnya, tendangan bebasnya tidak bisa dikatakan tidak bagus. Ronald Fagundez pun demikian.

''Untuk tendangan bebas tidak langsung ke gawang kita sudah bagus, tapi memang untuk yang langsung ke gawang memang masih kurang, tetapi bukan berarti tidak bisa. Kita sering mengancam gawang lawan, melalui tendangan bebas tetapi memang kurang beruntung,” ujarny


(aww)

views: 2.002x
shadow