Amerika Akan Menjamu Para Pemimpin ASEAN pada Pertengahan Mei

Minggu, 17 April 2022 - 12:00 WIB
loading...
Amerika Akan Menjamu Para Pemimpin ASEAN pada Pertengahan Mei
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan bertemu pada pertengahan Mei dengan para pemimpin ASEAN , dengan kemungkinan fokus pada meningkatnya kekuatan China.

“KTT itu, yang semula dijadwalkan pada Maret, akan menunjukkan komitmen abadi Amerika Serikat terhadap ASEAN", sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan dalam sebuah pernyataan, Sabtu (16/4/2022), seperti dikutip dari AFP.



"Adalah prioritas utama bagi pemerintahan Biden-Harris untuk menjadi mitra yang kuat dan dapat diandalkan di Asia Tenggara," lanjut Psaki.

KTT, yang semula ditetapkan pada 28 Maret dan 29 Maret sebelum ditunda tanpa tanggal baru, sekarang akan berlangsung pada 12 Mei dan 13 Mei. Pertemuan itu ditunda di tengah laporan bahwa para pemimpin beberapa anggota ASEAN memiliki konflik penjadwalan, dan karena krisis Ukraina terus semakin dalam.

AS telah lama mengatakan bahwa memperkuat hubungannya dengan Asia adalah prioritas kebijakan luar negeri. Pada 29 Maret, Biden bertemu di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan mengatakan dia ingin memastikan bahwa kawasan itu tetap "bebas dan terbuka" - sebuah referensi untuk apa yang dilihat AS sebagai upaya China untuk mendominasi kekuatan internasional. rute perdagangan.



Biden telah berpartisipasi dalam pertemuan puncak virtual dengan para pemimpin ASEAN Oktober lalu.

Selama KTT itu, Psaki mencatat dalam pernyataannya, Biden mengumumkan inisiatif untuk memperluas keterlibatan AS dengan ASEAN mengenai COVID-19, perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi, dan banyak lagi.

Persaingan yang tegang dengan China telah menjadi salah satu tantangan kebijakan luar negeri terbesar bagi Amerika Serikat, meskipun masalah lain - penarikan yang kacau dari Afghanistan dan perang di Ukraina - telah menuntut perhatian yang lebih mendesak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)