Liga Indonesia

Takut gagal lagi, Persebaya DU helat TC

Rabu,  12 Juni 2013  −  18:21 WIB
Takut gagal lagi, Persebaya DU helat TC
Pemain Persebaya DU menggelar training center/Rachmad Tomy/Koran Sindo

Sindonews.com - Lolos ke babak 12 Besar berstatus pemuncak klasemen tanpa terkalahkan tidak membuat Persebaya Divisi Utama (DU) besar kepala. Buktinya, tim pelatih dan manajemen langsung menggelar training camp (TC).

Persebaya DU memang tidak berleha-leha jika ingin mendapatkan tiket promosi ke Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebab, sesuai jadwal babak 12 besar akan mulai digelar 22 Juni, mendatang. ''Kami tentu tidak ingin kegagalan pada musim lalu terulang lagi. Kali ini, kami harus lolos ke ISL musim depan. Kita akan menggelar TC agar pemain  lebih berkonsentrasi,” ujar asisten manajer Amran Said Ali.

Musim lalu, Persebaya DU memang punya kenangan pahit. Saat itu, sudah berhasil menembus babak Delapan Besar Divisi Utama. Namun gagal lolos ke Indonesia Super League (ISL) lantaran hanya menempati posisi ketiga dengan mengantongi satu kemenangan atas PS Sumbawa Barat dan dua kali kekalahan. "Kejadian musim lalu menjadi pelajaran berharga buat semua komponen tim, " ucapnya. 

Sesuai permintaan pelatih Persebaya DU Tony Ho, lanjut Amran, TC akan dimulai pada, Sabtu (15/6) nanti atau sepakan sebelum babak 12 Besar digelar. Sayangnya, untuk tempat TC belum ditentukan. ''Untuk tempat TC masih kita bicarakan. Tujuan TC yang dimaksudkan supaya tim fokus mempersiapkan diri dan tidak mengalami kejenuhan,” ujar Amran.

Berbeda dengan tahun lalu, babak 12 Besar menggunakan sistem home away tidak lagi setengah kompetisi. Persebaya berada satu grup dengan PS Bangka, Bogor dan PSBS Biak. Untuk laga pertama akan digelar di Gelora Bung Tomo, Jumat (28/6) mendatang. "Kami punya waktu sepuluh hari untuk menggelar TC dan memperbaiki kekuarangam, ” tandas Amran.

Sementara itu, pelatih Persebaya Tony Ho memeberikan libur kepada skuadnya selama dua hari usai mengalahkan PSBK Kota Blitar, 2-0 dalam laga pemungkas grup C, Minggu (9/6). Kemenangan atas PSBK juga menjaga rekor rak terkalahkan Persebaya selama babak penyisihan grup tetap terjaga,

''Melalui TC,  saya juga berharap pemain bisa semakin padu serta ingin melihat gambaran awal kekuatan tim di babak 12 Besar nanti,” katanya.

Babak 12 Besar dibagi menjadi tiga grup. Juara masing-masing grup dan satu runner-up terbaik lolos ke babak semifinal yang rencananya digeber, Jumat (6/9). Untuk laga final dijadwalkan, Selasa (10/9). Laga playoff pada Selasa (17/9). Tim peringkat 1, 2 dan 3 berhak promosi ke ISL. Sementara tim Divisi Utama peringkat 4 melakoni laga playoff dengan tim peringkat 15 ISL.


(aww)

views: 1.415x
shadow