Liga Indonesia

Suporter anarkis, klub Eropa terancam batal datang

Selasa,  21 Mei 2013  −  17:30 WIB
Suporter anarkis, klub Eropa terancam batal datang
Pendukung timnas Indonesia/ Ist

Sindonews.com - Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin mengaku khawatir terkait ulah suporter Indonesia yang anarkis, akan berimbas pada batalnya rencana kedatangan tim-tim Eropa ke Indonesia. Seperti diketahui sebelumnya Federasi Sepak bola Asia (AFC) telah menjatuhkan sanksi berupa denda sebesar sebesar USD15.000 atau setara Rp146 juta kepada PSSI terkait ulah fans timnas Indonesia. 

Hukuman itu lantaran suporter Indonesia melempar botol dan menyalakan kembang api di dalam stadion ketika menjamu Arab Saudi, pada ajang Pra Piala Asia 2015, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 23 Maret lalu. Akibat tindakan memalukan ini, mata dunia Internasional kini menyoroti Indonesia. Hal itu membuat Djohar khawatir menimbulkan pembatalan kedatangan tim-tim Eropa, seperti kedatangan timnas Belanda pada 7 Juni 2013 nanti.

"Kami sudah akan mendatangkan Belanda, tim-tim terkenal kelas satu dunia, Eropa, dan kemudian tim-tim nasional lainnnya. Dengan adanya cacat ini, maka bisa membahayakan dan mengurangi minat mereka untuk datang," keluh Djohar saat ditemui kantor PSSI, Selasa (21/5/2013).

Lebih lanjut, Djohar meminta para supoter Indonesia untuk bersikap dewasa. Karena nama baik Indonesia di kancah sepak bola Internasional sangat dipertaruhkan. "Saya mohon kepada penonton, terutama untuk pertandingan melawan Belanda nanti, karena hal itu disiarkan di seluruh dunia, di belanda dan eropa. Tunjukkanlah suporter Indonesia itu, suporter yang baik. Tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tempat yang aman untuk tim-tim luar bertanding di Indonesia," pungkasnya.


(akr)

views: 1.146x
shadow