Masuki putran II, Persibo punya persiapan ala kadarnya

Jum'at, 30 Agustus 2013 - 14:46 WIB
Masuki putran II, Persibo punya persiapan ala kadarnya
Masuki putran II, Persibo punya persiapan ala kadarnya
A A A
Sindonews.com - Tiga klub Indonesian Premier League (IPL) asal Jawa Timur mempersiapkan putaran dua dengan ala kadarnya. Kendati pemain sudah lama libur dari aktivitas tim alias latihan reguler, mereka tidak tidak memberikan persiapan khusus jelang laga perdana putaran dua.

Persibo Bojonegoro, Persema Malang dan Arema IPL, baru memulai latihan perdana hanya beberapa hari jelang pertandingan. Kecuali Persebaya Surabaya yang sudah melakukan persiapan intensif, ketiganya baru memulai kegiatan tim pada akhir Agustus dan awal September.

Arema IPL dan Persema Malang kembali ke lapangan pada 30 dan 31 September, sedangkan Persibo Bojonegoro baru berlatih awal September. Padahal ketiganya sudah harus melakoni pertandingan pada 4 September. Persema mungkin agak diringankan dengan mundurnya Bontang FC dari IPL.

Mepetnya persiapan menuju pertandingan, membuat pelatih harus memangkas sejumlah program, di antaranya latihan fisik. Rencananya pelatih masing-masing tim langsung memberikan materi latihan yang berhubungan dengan persiapan pertandingan dan tidak ada latihan khusus fisik.

Padahal, setelah libur hampir dua bulan, idealnya pemain mendapatkan latihan fisik untuk pemulihan stamina. “Tidak sempat lagi melakukan latihan fisik secara berlebih. Begitu latihan, fokus tim adalah ke pertandingan. Kalau dipaksakan latihan fisik, pemain justru drop di pertandingan nanti,” kata Hanafi, pelatih anyar Persibo Bojonegoro.

Pemangkasan program latihan tak terhindarkan karena tim memulai latihan ketika pertandingan sudah sangat dekat. Persibo sendiri hingga berita diturunkan belum juga kembali merumput karena sempat dibingungkan posisi pelatih setelah urungnya Suharno bergabung.

Persema Malang dan Arema IPL memiliki alasan berbeda. Dengan tujuan efisiensi, pemain baru kembali ke tim akhir Agustus atau jelang latihan perdana. Pihak Persema mengakui sebenarnya latihan perdana terlalu dekat dengan pertandingan. Tapi itulah pilihan terbaik bagi klub.

“Rencana pada 31 Agustus sudah mulai latihan. Memang jadwal lawan Bontang FC pada 4 September belum pasti karena lawan menyatakan mundur. Walau begitu dari sisi teknis Persema tetap bersiap untuk pertandingan itu. Soal materi latihan, tentunya pelatih paham apa yang harus dilakukan,” cetus Manajer Persema Patrick Tarigan.

Jika pertandingan lawan Bontang positif gagal, maka Persema bisa melakukan persiapan lebih cermat sebelum menyambut Persebaya Surabaya di laga berikutnya. Namun diperkirakan program khusus untuk latihan fisik tetap ditiadakan mengingat jadwal putaran dua sudah dekat.

Arema IPL menyatakan latihan perdana digelar pada Jumat (30/8) dan mengharuskan semua pemain hadir di lapangan. Walau kemungkinan belum semua skuad nongol di tim asuhan Abdulrahman Gurning, klub yang bermarkas di Stadion Gajayana ini tetap mempersiapkan laga home lawan Pro Duta pada 4 September mendatang.

“Sesuai rencana, letaihan dimulai Jumat (30/8) ini dan latihan langsung pada persiapan pertandingan lawan Pro Duta. Kami berharap pemain tidak terlalu drop kondisinya setelah libur panjang, sehingga staminanya memnuhi syarat untuk bertanding,” kata Manajer Arema IPL Harrys Fambudi.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9502 seconds (0.1#10.140)