Liga Indonesia

Piala AFF U-19

Evan Dimas dkk pengin sempurna melawan Brunei

Senin,  9 September 2013  −  17:49 WIB
Evan Dimas dkk pengin sempurna melawan Brunei
Penggawa Timnas U-19 bersiap menghadapi Brunei/Timnas Garuda

Sindonews.com - Tim nasional (Timnas) U-19 menginginkan kemenangan di pertandingan perdana AFF U-19 Youth Championship meladeni Brunei Darussalam, Selasa malam (10/9). Pasukan Garuda U-19 menyatakan sudah dalam kondisi terbaik untuk mengawali turnamen tersebut dengan hasil sempurna.

Skuad Indonesia diprediksi tak akan kesulitan walau masih meraba-raba kekuatan calon lawan. Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafrie mengakui dirinya belum sepenuhnya hapal dengan kekuatan Brunei. Walau demikan, disebutnya itu bukan sebuah masalah serius.

Terpenting baginya adalah kondisi tim bagus dan bisa menunjukkan performa maksimal di pertandingan perdana nanti. Indra menegaskan bahwa pertandingan perdana harus bisa dilewati dengan hasil sempurna agar lebih mapan di laga-laga berikutnya.

"Sampai saat ini situasi tim sudah siap bertanding. Bagaimana kondisi lawan, saya tak risau karena yang penting adalah performa tim sendiri. Saya tekankan kepada pemain bahwa sangat penting meraih hasil sempurna di pertandingan pertama. Kami siap mewujudkannya," ujar Indra bernada sangat optimistis.

Optimisme pelatih berlatar pada fakta bahwa tim menuai progres menggembirakan dalam beberapa waktu terakhir. Berkaca pada pertandingan ujicoba kontra Tim PON Jatim, Uni Emirat Arab U-19, Persid Jember, serta Persegres Gresik United U-21, Indra sangat puas.

Menurutnya sudah ada keseimbangan antara bertahan, menyerang, sekaligus pemanfaatan peluang. Itulah yang membuatnya bergairah dan menatap laga kontra Brunei dengan kepercayaan diri tinggi. Evan Dimas dkk disebutnya memiliki kemampuan yang bagus untuk tiga angka.

"Nyaris tidak ada kendala serius di masa persiapan. Justru tim menunjukkan perkembangan menggembirakan. Semoga itu menjadi pertanda bahwa timnas U-19 bisa melakoni semua pertandingan dengan baik. Untuk saat ini konsentrasi kami tertuju ke pertandingan lawan Brunei," tambahnya.

Disinggung soal kekuatan Brunei, Indra menyatakan kekuatan mereka tidak lebih baik dibanding dua kontestan lainnya yakni Thailand dan Vietnam. Walau begitu dia sama sekali tak memandang lemah kekuatan lawan yang tentunya bakal tertantang mengalahkan Indonesia sebagai tuan rumah.

Dibebani menjadi juara, diakui Indra, tekanan terberat justru dari tekanan yang dihadapi pemain. Tapi dia yakin dengan mental timnya sehingga bisa menerjemahkan target tersebut menjadi sebuah motivasi. "Pemain harus siap mendapat tekanan. Mental yang nantinya akan menentukan," tandasnya.

Perkiraan skuad Timnas Indonesia U-19 (4-4-2):
Ravi Murdianto (gk), Putu Antara, Sahrul Kurniawan, Yama Pranata, Fathcur Rohman; M Hargianto, Hendra Gunawan, Evan Dimas; Mardini, Ilham Udin, Muchlis Hadi.


(aww)

views: 1.290x
shadow